Rute KRL Commuter Bogor, Bekasi, Cikarang Berubah per 28 Mei 2022

Stasiun Kereta Manggarai, Jakarta
Stasiun Kereta Manggarai, Jakarta
Sumber :
  • VIVAnews/Ezra Sihite

VIVA – Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA) Kementerian Perhubungan (Kemenhub) akan melakukan switch over kelima (SO-5) pada 28 Mei 2022 mendatang. Hal itu dilakukan untuk menata dan mengondisikan jalur kereta api di Stasiun Manggarai supaya pembangunannya dapat dilanjutkan.

Vice President (VP) Corporate Secretary KAI Commuter Anne Purba menjelaskan, dampak dari SO-5 ini akan mengubah pola operasi KRL Commuter Line secara signifikan untuk lintas Bogor dan Bekasi atau lintas Cikarang.

"Jadi dengan adanya SO-5 ini maka KRL Bogor hanya akan melayani rute Bogor-Jakarta Kota saja, dan kereta Bekasi yang biasanya melayani Jakarta Kota kini akan langsung ditujukan ke Stasiun Tanah Abang, Senen, hingga Jatinegara," kata Anne di Kementerian Perhubungan, Jakarta pada Rabu 25 Mei 2022.

Dia menambahkan, untuk perjalanan KRL Lintas Bogor nantinya hanya akan melayani relasi Bogor, Depok, dan Nambo menuju Jakarta Kota melalui stasiun Manggarai. Namun, pada jalur Serpong Line, Tangerang Line, dan KA Bandara Soetta, dipastikan tidak ada perubahan.

Anne mengatakan, tujuan pengubahan pola operasi pelayanan di Stasiun Manggarai tersebut adalah untuk menjaga keselamatan dan keamanan pengguna, saat melakukan perpindahan peron untuk melakukan transit.

"Nantinya penggunaan KRL tidak harus menyebrang jalur rel lagi dan bisa mengurangi aktivitas di passengers crossing yang berpotensi membahayakan nyawa penumpang saat menyebrang jalur rel," ujarnya.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Balai Teknik Perkeretaapian Wilayah Jakarta dan Banten Rode Paulus mengatakan, pihaknya akan memanfaatkan waktu jeda antara jam operasional kereta yang dimulai setelah kereta terakhir beroperasi, dan sebelum kereta pertama dimulai perjalanan keesokan harinya.

Kegiatan SO-5 itu nantinya akan dilakukan dengan cara mengaktifkan jalur sementara untuk jalur satu dan jalur dua, sekaligus menutup jalur tiga. Selain itu, kegiatan ini juga digunakan untuk menggantikan sistem persinyalan, serta memasang dan menggantikan jaringan listrik aliran atas (JLAA) untuk menyesuaikan perubahan jalur.

"Total terdapat 8 titik pengerjaan yang akan dilakukan secara bersamaan saat SO 5 nanti dan akan menyambung jalur satu dan jalur dua yang temporary dengan existing,” ujar Rode.

Sebagai informasi, perubahan pola operasi KRL Commuter Line tersebut secara umum akan dilakukan dengan mengikuti skema baru. Sementara itu, KRL Commuter Line lintas Bekasi/Cikarang akan dilayani di jalur 6 dan jalur 7 Stasiun Manggarai, dan untuk lintas Bogor akan dilayani pada jalur 10, jalur 11, jalur 12, dan jalur 13 Stasiun Sentral Manggarai.

Semua KRL Bogor Line akan menuju ke Stasiun Jakarta Kota, kemudian KRL Bekasi/Cikarang Line akan menggunakan dua pola operasi yaitu Full Racket (looping) dengan rute Cikarang/Bekasi – Jatinegara – Manggarai – Kampung Bandan – Pasar Senen – Jatinegara – Bekasi/Cikarang. Kemudian pada jalur Cikarang/Bekasi – Jatinegara – Pasar Senen – Kampung Bandan – Manggarai – Jatinegara – Bekasi/Cikarang.

Pola selanjutnya yaitu Half Racket, yakni Cikarang/Bekasi – Jatinegara – Manggarai – Tanah Abang – Kampung Bandan (PP). Kemudian Cikarang/Bekasi – Jatinegara – Manggarai – Tanah Abang – Angke (PP).