Regulasi Tembakau Alternatif Picu Sumber Ekonomi Baru, Ini Alasannya

Cairan Rokok Elektronik atau Liquid Vape.
Cairan Rokok Elektronik atau Liquid Vape.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/M Agung Rajasa

VIVA – Asosiasi meminta pemerintah segera menerbitkan regulasi terpisah yang spesifik dan sesuai fakta bagi produk tembakau alternatif. Sebab, produk ini juga memberikan manfaat ekonomi yang besar bagi pelaku industri dan Pemerintah.

Apalagi menurut Ketua Umum Aliansi Pengusaha Pengantar Nikotin Elektronik Indonesia (APPNINDO) yang juga merupakan anggota Paguyuban Vape Nasional (PAVENAS), Roy Lefrans, tembakau alternatif memiliki profil risiko yang jauh lebih rendah ketimbang rokok. 

Karena itu, kehadiran regulasi berbasis fakta ini sangat penting dalam menjawab dua hal signifikan bagi konsumennya. Salah satunya adalah untuk memenuhi hak perokok dewasa dalam mendapatkan informasi akurat dan seluas-luasnya terkait produk tembakau alternatif, seperti rokok elektrik, produk tembakau yang dipanaskan, dan kantong nikotin. 

Dengan demikian, perokok yang merasa kesulitan untuk berhenti merokok bisa mendapatkan kepastian perlindungan hukum dan memiliki keyakinan untuk memanfaatkan produk tersebut. Dalam upayanya untuk mengurangi risiko dengan beralih ke produk tembakau alternatif.

Macam-macam bentuk rokok elektrik atau vape.

Macam-macam bentuk rokok elektrik atau vape.

Photo :
  • dok. pixabay

“Kita pernah lihat WHO pernah bikin riset, dari 34 persen orang yang berhenti merokok, hanya 9,5 persen yang berhasil. Harapan kami, dengan adanya produk tembakau alternatif ini, angka 9,5 persen ini bisa bertambah lagi,” ujarnya, seperti dikutip dalam keterangannya, Rabu, 25 Mei 2022.

Lebih lanjut Roy menambahkan, regulasi ini juga penting untuk mencegah penyalahgunaan produk tembakau alternatif, khususnya pada anak-anak di bawah usia 18 tahun.