Cek Tanggul Rob Jebol, Menteri Basuki: Kamis Ini Harus Sudah Surut!

Menteri Basuki cek tanggul jebol di Semarang.
Sumber :
  • VIVA/Teguh Joko Sutrisno

VIVA – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, mengecek penanganan banjir rob dan tanggul laut yang jebol di kawasan Pelabuhan Tanjung Emas, Kota Semarang, Jawa Tengah.

Tanggul Kali Hek Jebol, DPRD DKI Soroti Sedikitnya Pasukan Biru SDA

Menteri Basuki tiba di Dermaga Nelayan Tambaklorok dan langsung melakukan briefing. Setelah itu Basuki didampingi Danlanal Semarang menyeberangi laut menuju titik tanggul yang jebol dengan perahu karet.

Setiba di lokasi, Basuki mengamati proses penambalan tanggul dengan kanting pasir serta kondisi air laut yang kembali naik. Setelah itu ia kembali ke Dermaga Tambaklorok.

Heru Budi Kewalahan Kalau Jakarta Diguyur Hujan Selama 4 Jam

Baca juga: Terkuak, Penyebab Tabrakan Maut Pajero dan Motor di MT Haryono

Kepada jajarannya yang berada di dermaga tersebut ia langsung memerintahkan seluruh jajarannya bekerjasama dengan sektor dan instansi pendukung lainnya untuk mengerahkan semua potensi yang ada.

Petugas Gabungan Pasang Bronjong di Tanggul Jebol Kali Hek Kramat Jati

Menteri PUPR memetakan tanggul laut yang jebol dan harus ditambal, serta upaya pengurasan genangan air dengan dipompa.

"Nanti akan dipakai material berupa geobox digunakan untuk menutup dengan semi permanen. Ini yang sudah dilakukan di Kawasan Pelabuhan Sunda Kelapa, Jakarta saat terjadi rob di sana. Tapi untuk saat ini pakai sandbag dulu lewat jalur laut karena jalur darat tertutup," jelas Basuki dikutip Kamis 26 Mei 2022.

Pekerja evakuasi motor saat banjir rob di Semarang.

Photo :
  • VIVA/Teguh Joko Sutrisno

Menurutnya, penutupan tanggul jebol dengan karung pasir harus dilakukan dengan cepat. Dan ia meminta agar besok (Kamis) banjir rob sudah surut.

"Harus cepat, kalau numpuknya cuma satu-satu yang bablas (hanyut). Saya minta besok sudah ditutup, pompa sudah kita siapkan, besok harus surut," tegasnya.

Untuk memaksimalkan upaya, pihaknya tekah berkoordinasi dengan jajaran TNI dari Kodam IV/Diponegoro dan Lanal Semarang untuk mengerahkan personil.

Laporan kontributor tvOne: Teguh Joko Sutrisno/Semarang

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya