Subsidi Dicabut, Pedagang Warteg Ngeri Minyak Goreng Naik Lagi

WWarung Tegal.
WWarung Tegal.
Sumber :
  • ANTARA/Prasetyo Utomo

VIVA – Pedagang warung Tegal atau warteg yang tergabung dalam Komunitas Warteg Nusantara (Kowantara) mengkhawatirkan harga minyak goreng curah bakal naik setelah subsidi berakhir pada 31 Mei 2022.

Ketua Kowantara, Mukroni mengatakan keputusan tersebut dikhawatirkan membuat harga minyak goreng curah yang banyak dibutuhkan pedagang naik.

"Kami, pedagang warteg protes keras kalau mekanisme penjualan dan distribusi minyak ke mekanisme pasar penuh tanpa adanya subsidi dari negara," kata Mukroni dikutip dari Antara, Jumat 27 Mei 2022.

Baca juga: Polri Ikut Cari Anak Ridwan Kamil, Minta Terbitkan Yellow Notice

Mukroni menambahkan saat subsidi minyak goreng curah diberlakukan saja pedagang warteg harus membeli dengan harga di atas Rp14 ribu. Sehingga, bila dicabut bakal memberatkan pedagang warteg karena daya beli masih terdampak pandemi COVID-19.

Dia mengatakan pedagang warteg juga tidak bisa begitu saja menaikkan harga menu apabila minyak goreng curah mahal karena takut kehilangan pelanggan.

"Tinggal tunggu waktu usaha kecil seperti warteg akan kesulitan berusaha manakala kebutuhan pokok harganya semakin melambung," tutur Mukroni.