Industri Content Creator Bisa Bantu Pengembangan UMKM Via Medsos

Ilustrasi content creator.
Sumber :
  • Freepik/freepik

VIVA – Pengembangan sektor Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dapat dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya yakni melalui pemasaran di media sosial. Data dari We Are Social mencatat bahwa pada Januari 2022, jumlah pengguna aktif sosial media di Indonesia mencapai sebanyak 191 juta atau 69,7 persen dari setengah penduduk Indonesia. 

Menjadi Tulang Punggung Pengembangan Usaha Ultra Mikro Indonesia, PNM Ikuti 57th APEC SMEWG

Hal ini menjadikan UMKM memiliki peluang untuk banyak bekerja sama dan berkolaborasi dengan para content creator, guna membangun citra dan reputasi dalam memasarkan produk atau brand-nya melalui media sosial.

Dengan adanya potensi tersebut, President University yang di dukung oleh PATA Indonesia dan para sponsor dari Kawasan Industri Jababeka, menggelar perhelatan 'Indonesia Content Creator Conference 2022' untuk mengembangkan ide-ide kreativitasnya melalui konten-konten yang dibuat.

DPR Tolak Iuran Pariwisata Dibebankan ke Industri Penerbangan, Tiket Pesawat Bisa Makin Mahal

"Media sosial sekarang ini dapat dijadikan alat untuk strategi promosi yang di andalkan, mulai dari brand ternama bahkan sampai perusahaan dan bidang pemerintahan," kata Chairman Indonesia Content Creator Conference 2022, Jella Christania, dalam keterangan tertulis dikutip Sabtu, 28 Mei 2022.

Konferensi pers Indonesia Content Creator Conference 2022.

Photo :
  • Istimewa/Pras
Ninja Xpress: Pengiriman Paket Melonjak 20 Persen saat Ramadhan 2024

Jella menjelaskan, proses membuat konten itu panjang dan tidak gampang. Berawal dari pengembangan ide (ideation), melakukan riset, menyusun naskah, membuat redaksi (copy), proses syuting, editing, sampai promosi konten.

President University menjadi salah satu mendukung perkembangan kelompok milenial dan gen-Z di Indonesia, guna memberikan suatu wadah dalam acara Indonesia Content Creator Conference 2022 yang akan diselenggarakan pada 18 Juni 2022 secara Online dan Offline (Hybrid).

Acara ini juga akan menghadirkan 10 konten kreator Indonesia, di antaranya yakni Arfiana Maulina, Deris Nagara, Calista Fahira, Angelyna Victoria, Achintya Nilsen, Khalisha Cantara, Zhafira Aqyla, Tatjana Syafira, Zahid Ibrahim, dan Olivina Maskan

"Di mana mereka akan memberikan materi dan penerapan bagi yang ingin mengembangkan idea kreativitas melalui sosial media," ujarnya.

Diketahui, rencananya acara ini juga akan dihadiri oleh Silma Kim, Miss Grand Indonesia Jakarta 2022, dan Arya Purnama yang merupakan Putra Pariwisata Nusantara 2018 sebagai pembawa acara. Pemaparan materi akan dikelompokan menjadi tiga sesi, yakni “Creativity Class”, “Career Development Class”, dan “Critical Thinking Class” dengan menitik beratkan pada tema “Menjadi Konten Kreator”.

Dengan target lebih dari 1000 peserta dan FREE registration, President University yang di dukung oleh PATA Indonesia dan para sponsor lainnya dari industri-industri di Kawasan Industri Jababeka, mengundang kelompok milenial dan gen-Z seluruh Indonesia dari semua kalangan terutama siswa-siswi SMA/SMK sederajat yang ingin mengembangkan bakat dan keterampilan mereka untuk berkarya di bidang media sosial.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya