Perluas Bisnis Global, BNI Gandeng KB Kookmin Bank

Kerja sama BNI dan KB Kookmin Bank.
Sumber :
  • Dokumentasi BNI.

VIVA – PT Bank Negara Indonesia (Persero)Tbk atau BNI menandatangani Nota Kesepahaman dengan KB Kookmin Bank, guna memperluas bisnis secara global dengan menciptakan peluang-peluang bisnis baru.

MPMInsurance Ungkap Perlindungan Asuransi Kecelakaan yang Banyak Orang Belum Tahu

Direktur Treasury dan Internasional BNI, Henry Panjaitan menjelaskan, langkah MoU dengan KB Kookmin Bank ini dilakukan seiring semakin tingginya pertumbuhan ekonomi di Indonesia.

"BNI terus berupaya meningkatkan peran sebagai bank global Indonesia dengan salah satu langkah strategisnya, yaitu dengan bekerjasama dengan KB Kookmin Bank sebagai bank nomor satu di Korea Selatan," kata Henry dalam keterangannya, Senin, 30 Mei 2022.

Kasus Korupsi Kredit Macet Jaksa Eksekusi Eks Pegawai Bank BNI ke Penjara

Henry megungkapkan, kerja sama bisnis ini meliputi transaksi tresury, kredit sindikasi, trade finance, pendanaan dalam mata uang lokal, dan pertukaran informasi nasabah yang ingin melakukan perdagangan atau berinvestasi di negara asal kedua bank.

Selain mendapatkan manfaat transaksi bisnis antara kedua bank, melalui kerja sama ini Henry meyakini bahwa BNI akan dapat memfasilitasi masuknya investasi Korea Selatan ke Indonesia, yang meningkat pesat dalam beberapa tahun terakhir.

27 Korban Penipuan Investasi Rp52 Miliar Geruduk Rumah Orang Tua Pelaku di Tasikmalaya

"Ke depannya, kami berharap kedua bank dapat meningkatkan hubungan yang lebih erat sekaligus menghasilkan transaksi-transaksi bisnis yang saling menguntungkan kedua belah pihak," ujar Henry.

Gedung BNI

Photo :
  • BNI

Di samping itu, kerja sama ini juga mencakup pertukaran informasi nasabah, di mana BNI sebagai bank global Indonesia dapat memfasilitasi eksporitr-eksportir Indonesia untuk memperluas pasarnya di Korea Selatan.

"Caranya yakni dengan menghubungkan para eksportir Indonesia tersebut, kepada importir-importir Korea Selatan yang merupakan nasabah KB Kookmin Bank," ujarnya.

Diketahui sebelumnya, KB Kookmin Bank telah melakukan strategi untuk masuk ke pasar Indonesia pada tahun 2018 lalu, dengan mengakuisisi saham Bank Bukopin. Di mana, hingga saat ini jumlah kepemilikan KB Kookmin Bank atas Bank Bukopin mencapai sebesar 67 persen.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya