Harga Sebagian Komoditas Tambang Kena Bea Keluar Turun Bulan Ini

Kementerian Perdagangan Republik Indonesia/Kemendag
Sumber :
  • VIVA/Andry Daud

VIVA – Plt Direktur Jenderal Perdagangan Luar Negeri Kementerian Perdagangan, Veri Anggrijono mengatakan, produk pertambangan yang dikenakan bea keluar (BK) periode Juni 2022 menunjukkan penurunan harga saat ini. Setelah sebelumnya harga komoditas meningkat selama beberapa periode berturut-turut.

MIND ID Pastikan Beri Kemanfaatan Bagi Daerah Wilayah Kerja, Begini Caranya

Hal yang menyebabkan penurunan harga, adalah menurunnya permintaan atas komoditas produk pertambangan tersebut di pasar dunia. Di mana itu memengaruhi analisis penetapan Harga Patokan Ekspor (HPE) produk pertambangan yang dikenakan BK untuk periode Juni 2022.

Untuk ketentuan HPE periode Juni 2022 ditetapkan dalam Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 35 Tahun 2022 tentang Penetapan Harga Patokan Ekspor Atas Produk Pertambangan Yang Dikenakan Bea Keluar.

Zulhas Enggan Revisi Aturan Barang Bawaan dari Luar Negeri: Bayar Pajak Dong!

“Sebagian besar komoditas produk pertambangan yang dikenakan bea keluar, yakni konsentrat tembaga, konsentrat besi, konsentrat besi laterit, konsentrat timbal, konsentrat seng, konsentrat pasir besi, konsentrat ilmenit, dan bauksit yang telah dilakukan pencucian (washed bauxite), menunjukkan penurunan harga dibandingkan periode sebelumnya,” kata Veri dalam keterangan, Kamis, 2 Mei 2022.

Namun, Veri melanjutkan untuk harga komoditas konsentrat mangan dan konsentrat rutil mengalami kenaikan harga. Tetapi untuk komoditas pellet konsentrat pasir besi masih tetap tidak mengalami perubahan.

Bantu Redam Dampak El Nino, ASDP Tebar 1.000 Sembako Gratis di Pelabuhan Bolok Kupang

Adapun produk pertambangan yang ,mengalami kenaikan harga rata-rata pada periode bulan Juni 2022 adalah konsentrat mangan (Mn ≥ 49 persen). Dengan harga rata-rata US$227,05/WE atau naik sebesar 2,42 persen. Dan konsentrat rutil (TiO2 ≥ 90 persen) dengan harga rata-rata sebesar US$1.590,84/WE atau naik sebesar 2,20 persen.

Gedung kementerian Perdagangan

Photo :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

Sedangkan produk pertambangan yang mengalami penurunan harga rata-rata pada periode bulan Juni 2022 adalah konsentrat tembaga, konsentrat besi, konsentrat besi, konsentrat timbal, konsentrat seng, konsentrat pasir besi, konsentrat ilmenite, dan bauksit yang telah dilakukan pencucian.

Veri menjelaskan untuk penetapan HPE produk pertambangan periode Juni 2022 ini dilakukan dengan meminta masukan tertulis dari instansi teknis terkait. Yakni Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).

Sedangkan sebagai dasar perhitungan usulan harga diperoleh dari beberapa sumber, yakni Asian Metal, Iron Ore Fine Australian, dan London Metal Exchange (LME). HPE ditetapkan setelah dilakukan rapat koordinasi dengan berbagai instansi terkait, yakni Kementerian ESDM, Kementerian Keuangan, Kementerian Perindustrian, dan Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya