Bangun 29 Jembatan Trans Papua, PUPR Anggarkan Rp236 Miliar

Pembangunan jembatan di Trans Papua.
Sumber :
  • Dok. Kementerian PUPR

VIVA – Dalam upaya mendukung konektivitas Trans Papua, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) akan membangun 29 jembatan di ruas Merauke-Sorong, Kabupaten Teluk Wondama, Papua Barat.

Harga Gula Meroket, Ini Kata Kadis Perindag ESDM Sumut

Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono menjelaskan, pembangunan jembatan ini merupakan bagian dari kelanjutan program Jalan Trans Papua, yang akan membuka keterisolasian wilayah dan meningkatkan konektivitas antar kabupaten/kota di Papua Barat.

"Konektivitas antarkawasan perlu terus ditingkatkan, agar aliran barang, jasa, dan manusia bisa lebih lancar dan efisien. Diharapkan pertumbuhan ekonomi kawasan meningkat," kata Basuki dalam keterangannya, Senin 6 Juni 2022.

Selesaikan Persoalan Papua, Jusuf Kalla Beri Saran Begini ke Prabowo-Gibran

Baca juga: Kembali Ngantor di Gedung Sate, Ridwan Kamil Bawa Si Bungsu Arkana

Kepala Balai Pelaksanaan Jalan Nasional Papua Barat, Gunadi Antariksa mengatakan Jembatan dengan panjang keseluruhan mencapai 511,5 meter ini dibangun dengan anggaran sebesar Rp236,55 miliar, pada TA 2022 melalui enam paket pekerjaan.

Pengawasan Pilkada 2024 di Kabupaten Puncak Papua Terancam Tak Maksimal

Paket pembangunan jembatan tersebut meliputi Jembatan Kampung Muri-Kwatisore (Batas Provinsi Papua) I sepanjang 90 meter, dan Jembatan Kampung Muri-Kwatisore (Batas Provinsi Papua) II sepanjang 96,5 meter.

"Yang merupakan bagian pembangunan Trans Papua ruas Merauke-Sorong," kata Gunadi. 

Dia menambahkan, paket pekerjaan dua jembatan ini dibangun melalui skema Multi Years Contract tahun 2022-2024, yang terdiri dari 21 pembangunan jembatan yakni Paket Jembatan Kampung Muri-Kwatisore I sebanyak 10 jembatan, dan Paket Jembatan Kampung Muri-Kwatisore II sebanyak 11 jembatan.

"Untuk tahun 2022 ini telah dialokasikan anggaran sebesar Rp93,2 miliar," ujar Gunadi.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono di Jalur Pansela, Jawa Tengah.

Photo :
  • VIVA/Rosikin

Selanjutnya, paket pembangunan Jembatan Telaga I Cs sepanjang 74 meter yang dilaksanakan sejak 24 Januari 2022, telah berjalan sesuai kontrak dengan progres fisik saat ini 7,38 persen. 

Anggaran paket pekerjaan Jembatan Telaga I Cs bersumber dari APBN senilai Rp33,2 miliar secara Single Years Contract TA 2022, yang terdiri dari empat jembatan.

"Keempatnya yakni Jembatan Telaga 1 sepanjang 18 meter, Jembatan Telaga 2 sepanjang 18 meter, Jembatan Telaga 3 sepanjang 18 meter, dan Jembatan Telaga 4 sepanjang 20 meter," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya