Harga Cabai Makin Galak, Tembus Rp100 Ribu per Kilo di Semarang

Pedagang sayuran menjual cabai galak di Semarang.
Sumber :
  • VIVA/Teguh Joko Sutrisno

VIVA – Harga sejumlah kebutuhan pangan di Kota Semarang Jawa Tengah meningkat pada Juni ini. Yang cukup tinggi kenaikannya adalah komoditas pangan cabai dan bawang merah.

Daftar Harga Pangan 17 Mei 2024: Bawang hingga Daging Sapi Naik

Salah satu pedagang di Tembalang Semarang mengungkapkan, cabai rawit merah atau istilahnya cabai galak per hari ini Selasa 7 Juni 2022 sudah menembus Rp100 ribu per kilogram di tingkat eceran. 

Sementara, untuk cabai merah kriting sudah menembus Rp80 ribu per kilogram. Harga cabai tersebut hampir dua kali lipat dibandingkan sepekan lalu.

Daftar Harga Pangan 16 Mei 2024: Beras hingga Telur Ayam Naik

Baca juga: Harga Emas Hari Ini 7 Juni 2022: Global dan Antam Turun

"Lombok galak tambah galak ini. Seminggu lalu masih antara 50 sampai 60 ribuan sekilonya. Sekarang 90 ribu kalau kulak, ya saya jual eceran 100 ribu per kilo," kata Nur Salim, pedagang sayur di Tembalang Semarang 

Daftar Harga Pangan 15 Mei 2024: Beras, Cabai, hingga Daging Sapi Naik

Agar laku, ia kemudian mengemas cabai ukuran 50 gram per plastik. Sehingga di tingkat eceran pembeli tidak begitu terasa mahal.

"Ya sak gini-gini ini, menyesuaikan harga. Dan pembeli kan juga mengurangi konsumsi cabai karena harga naik tinggi," lanjutnya.

Dari pengalaman sebelumnya, kata Nur Salim, kenaikan harga di masa-masa dari bulan apitan hingga bulan besar (kalender Jawa) seperti sekarang ini memang permintaan cabai sedang tinggi karena banyak hajatan.

"Lagi banyak orang nduwe gawe, banyak hajatan. Jadi pada masak banyak. Tahu sendiri kan kalau di sini itu masakannya banyak pakai cabai. Selain itu, situasi cuaca juga mbingungi mas. Pagi siang panas sorenya hujan deras, kata petani cabainya gampang busuk di pohon. Makanya stok cabai juga agak berkurang yang bikin harga jadi mahal," ungkapnya.

Ilustrasi-Cabai merah

Photo :
  • ANTARA FOTO/Asep Fathulrahman

Sementara itu, pembeli tak begitu risau dengan tingginya harga cabai. 

"Nggak perlu heboh lah. Tinggal kurangi saja konsumsinya. Toh bukan kebutuhan sangat pokok seperti beras atau telur kan. Kalau dulu sekali beli seperempat kilo, sekarang satu ons saja. Nanti kalau sudah murah ya mbalik lagi seperti semula," kata Bu Tatik, warga Semarang.

Selain cabe, yang cukup tinggi kenaikannya adalah bawang merah. Sepekan lalu masih di harga Rp35 ribu per kilogram, sekarang sudah mencapai Rp45 ribu per kilogram.

"Itu sekarang lho. Ini sudah dapat kode dari pedagang grosir kalau besok sudah Rp50 ribu," kata pedagang.

Laporan kontributor tvOne: Teguh Joko Sutrisno/Semarang

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya