Kata Warga Paris Soal Produk UMKM Indonesia di #ShopeeJAVAinPARIS

Joelle warga Perancis di Java in Paris.
Sumber :
  • ANTARA/HO

VIVA – Gelaran #ShopeeJAVAinPARIS memukau masyarakat Paris dan membuat produk Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Indonesia jadi primadona. Hal itu karena ratusan produk dijual di Le BHV Marais pada 8 Juni-15 Juli 2022.

Lucu dan Unik, Ini 7 Topi Paling Populer Sepanjang Sejarah

Dikutip dari Antara, pada Sabtu 11 Juni 2022, kolaborasi antara Shopee, Pemerintah Kota Solo, KBRI Paris, serta BHV Marais ini berhasil menarik para warga dan turis mancanegara.

Acara ini sukses membuat warga Paris dan wisatawan lebih mengenal budaya Indonesia lewat pertunjukan seni serta ratusan produk buatan Indonesia di departement store ternama yang merupakan jaringan Galeri Lafayette ini.

Beda Penafsiran Permendag 31/2023 Jangan Bikin Rezeki UMKM Seret, Ini Penjelasannya

Baca juga: Bikin Heboh Lagi, Menteri Basuki Belajar Jadi Pengendali Api

“Acara pameran ini sangat bagus dan menarik, dan produk-produknya mengagumkan! Saya menyukainya!”, ujar Jo seorang warga Paris yang hadir dan mengagumi pertunjukkan kebudayaan Indonesia di acara Java in Paris.
 
Jo juga memuji keindahan kemeja batik Danar Hadi, jenama batik legendaris asal Solo yang ikut berpartisipasi di acara tersebut. Motif unik yang ada pada batik, memikat perhatian Jo yang memang tertarik akan kebudayaan Indonesia.

KPU Sudah Sahkan Rekapitulasi Pemilu 2024 di 34 Provinsi, Prabowo-Gibran Unggul di 32 Provinsi

“Java in Paris ini sangat bagus, berhasil mempresentasikan Indonesia ke mata dunia dengan berbagai pertunjukan budaya. Banyak orang mengapresiasi produk-produk lokal Indonesia yang tidak hanya klasik (tradisional), namun juga kekinian dan berbeda dari produk fesyen yang dijual di Eropa,” kata Jo.

Komentar serupa juga datang dari warga Prancis lainnya Joelle yang memang sengaja datang untuk menyaksikan pertunjukan musik, tari, dan produk kebudayaan tradisional Indonesia.

Penampilan Anggun di gelaran Java in Paris

Photo :
  • ist

Joelle yang memang hobi berpelancong ke Bali, ternyata sudah sangat familiar dengan pakaian batik khas Indonesia dan tanpa ragu mengatakan kalau produk UMKM asal Indonesia yang dijual di Le BHV Marais, merupakan produk menarik dengan kualitas yang unggul.

“Saya pernah ke Indonesia, tepatnya di Bali dan sempat membeli beberapa batik Indonesia dengan motif cantik di Ubud. Hari ini, saya berasa bernostalgia kembali karena bisa melihat lagi kain-kain batik yang indah dan memiliki kualitas yang baik, dengan harga yang tidak terlalu mahal. Sejauh ini saya senang dengan produk-produk yang dipamerkan di sini, membuat saya rindu ingin kembali ke Indonesia,” kata Joelle.

Ratusan produk UMKM Indonesia kini membanjiri department store terkemuka di Paris itu.

Mulai dari jenama batik seperti Danar Hadi, batik Trusmi, batik Shiroshima, tas kulit Janédan yang mengangkat konsep ramah lingkungan, hingga jenama kopi, JJ Royal, yang berpartisipasi pada pameran tersebut menampilkan produk-produk unggulannya.

Gelaran ShopeeJAVAinPARIS ini menjadi ajang bagi para pelaku UMKM lokal untuk naik kelas dan melebarkan sayapnya ke mancanegara, serta menjadi kesempatan bagi Indonesia untuk memperkenalkan warisan tradisi budaya ke panggung dunia.

Melalui acara ini, Shopee membuat Indonesia bisa menunjukkan bahwa produk UMKM lokal pun mampu bersaing secara global. (Ant)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya