Kunjungi Gedung Sarinah, Megawati Dibikin Sumringah Erick Thohir

Megawati dan Erick Thohir jalan-jalan di Sarinah.
Sumber :
  • Antara.

VIVA – Ketua Umum DPP PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri mengunjungi Galeri Bung Karno, di Gedung Sarinah, di Jalan MH Thamrin, Jakarta, Siang tadi. Dalam kesempatan itu dia ditemani oleh Menteri BUMN Erick Thohir.

Alasan Heerenveen Izinkan Nathan Tjoe-A-On Kembali ke Timnas Indonesia U-23

Kedatangan Megawati adalah untuk mengunjungi Galeri Bung Karno yang terdapat sejumlah patung dan lukisan Sarinah. Dia diketahui tiba sekitar pukul 14.25 WIB langsung naik ke lantai 6 Gedung Sarinah.

Gadung Sarinah punya arti tersendiri bagi Megawati. Sebab, merupakan gedung bertingkat pertama buatan anak negeri, yang dibangun pada awal dasawarsa '60-an dan diresmikan Bung Karno.

Erick Thohir Beri Kabar Baik soal Nathan Tjoe-a-On, Bisa Bela Timnas Indonesia Vs Korea Selatan

Momen Megawati bersama Erick Thohir nampak sangat cair. Keduannya pun melihat foto Soekarno yang ada di salah satu sudut galeri dengan patung Sarinah, perempuan yang namanya dijadikan nama gedung itu.

Setelah dari Galeri Soekarno, mereka  menyusuri lantai 5 dan lantai dasar untuk berfoto-foto di sekitar museum di pusat perbelanjaan yang baru selesai direnovasi itu. Keduanya kemudian kembali turun ke lantai dasar untuk melihat sejarah perkembangan Sarinah dari masa ke masa, termasuk melihat relief-relief petani yang berada di Sarinah.

Komentar Calon Kiper Timnas Indonesia Usai Bawa Inter Milan Sabet Scudetto

Beberapa kali mereka berdua nampak berfoto bersama di depan relief. Megawati pun nampak menikmati momentum tersebut, bahkan  pembicaraan dengan Erick pun bisa membuat Megawati tertawa sumringah. 

Turut terlihat pula mantan Kepala Badan Ekonomi Kreatif, Triawan Munaf, di lokasi dan ikut berfoto bersama Megawati. Selain itu ada pula keponakan Megawati, Puti Guntur Soekarno.

"Setiap lantai memiliki makna-makna tersendiri. Terutama mengenai dipasangnya kembali ornamen relief yang ternyata setelah Bung Karno tidak jadi presiden lagi, relief itu sepertinya dalam tanda kutip disembunyikan. Tapi akhirnya Alhamdulillah dapat dikembalikan," ujar Megawati, Senin, 13 Juni 2022.

Megawati dan Erick Thohir jalan-jalan di Sarinah.

Photo :
  • Dokumentasi Kementerian BUMN.

Dia pun menyampaikan mengapa sangat antusias dalam kunjungan ke Sarinah ini. Dia mengenang sebuah relief yang berisi kisah seorang petani bernama Marhaen itu. Relief tersebut adalah peninggalan sejarah dan seni yang amat penting bagi Indonesia. 

Karenanya, dia amat bersyukur dengan hadirnya peninggalan Bung Karno yang kini dapat dinikmati oleh generasi muda yang mengunjungi Sarinah. "Jadi dari sisi makna itu bukan main, Indonesia ini punya seniman yang sebetulnya maestro," ujar Megawati. 

Dalam kesempatan itu, Erick menjabarkan bahwa Pemugaran Sarinah bukan sekadar pemugaran fisik semata. Lebih dari itu, ini adalah misi besar untuk memulihkan kembali sejarah bangsa yang selama ini agak terlupakan. 

"Seperti yang saya sampaikan kepada Ibu Mega dan telah saya laporkan kepada bapak Jokowi saya rasa sarana ini adalah sejarah yang hampir terlupakan," ujarnya. 

"Karena itu kami izin bagaimana kami, kebetulan ini aset BUMN, kita bisa perbaiki. Jangan sampai generasi muda ini terputus dari sejarah. Semoga ini bisa jadi pengingat sejarah pada generasi muda," tambahnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya