Zulhas Janji Bisa Cepat Selesaikan Masalah Minyak Goreng

Pelantikan Mendag Zulkifli Hasan dan Menteri ATR/BPN Hadi Tjahjanto
Sumber :
  • YouTube Sekretariat Presiden

VIVA – Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan, resmi dilantik oleh Presiden Joko Widodo sebagai Menteri Perdagangan RI. Zulhas -akrabnya disapa- mengatakan posisi Menteri Perdagangan ini merupakan tugas yang tidak ringan untuk dikerjakan.

Mendag Sebut Revisi Kebijakan Impor Rampung Pekan Ini, Simak Ketentuannya

"Ini tugas, amanah, tidak ringan," kata Zulhas, kepada awak media usai pelantikan dirinya sebagai Mendag RI di Istana Negara, Rabu 15 Juni 2022.

Stok minyak goreng kemasan di retail modern. (Foto ilustrasi)

Photo :
  • VIVA/Sherly
Peringati Hari Konsumen Nasional, Mendag Zulhas: Pengusaha Curang Membunuh Usahanya Sendiri

Zulhas mengatakan, dirinya memiliki sejumlah bekal untuk mengemban amanah ini. Latar belakang yang dimilik Zulhas, antara lain adalah lulusan Fakultas Ekonomi dan pengalaman sebagai Menteri Kehutanan pada 2009-2014 lalu. Itu  menjadi bekal utama menyelesaikan sejumlah masalah di Kementerian Perdagangan.

"Saya Insya Allah dengan bersama teman-teman bisa cepat menyelesaikan terutama Migor (minyak goreng), ketersediaannya ada, harga terjangkau," ujarnya. 

Mendag Zulhas Sebut Kenaikan Harga Bawang Merah Akibat Banyak Pedagang Belum Mulai Berjualan

Zulhas mengaku akan segera menyelesaikan permasalahan kelangkaan dan mahalnya harga minyak goreng. Apa yang menjadi kebutuhan rakyat, akan menjadi prioritas Zulhas.

"Kasian rakyatnya. Itu saya kira prioritas. Kita apresiasi apa yang dikerjakan Pak Luhut dan juga Kementerian, tentu kita akan agar masalah migor yang lama ini bisa kita kerjakan," ujarnya

Meski begitu, Zulhas mengaku tak bisa menyelesaikan permasalahan ini hanya di satu instansi saja. Perlu adanya kerja sama lintas Kementerian menyelesaikan masalah minyak goreng ini.

"Semua pihak yang terkait, gak mungkin sendiri. Itu pekerjaan besar. Nanti kalau sudah ketemu permulaannya, saya kira mudah," ujar Zulhas.

Seperti diketahui, selain melanglang buana di dunia politik mulai dari ketua parpol hingga menjabat menjadi wakil ketua MPR, Zulhas juga lama duduk di pemerintahan sebagai menteri kehutanan pada masa Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Saat menjadi Menhut, tentunya dia sudah tidak asing dengan tata kelola perusahaan kelapa sawit. Sebab, urusan lahan sawit menjadi salah satu kewenangannya saat itu.

Minyak goreng sendiri diketahui merupakan salah satu produk turunan dari perusahaan perkebunan kelapa sawit. Masalah ketersediaan, harga hingga ekspor pun jadi polemik di masyarakat beberapa waktu lalu.

"Saya kira background saya yang panjang tentu akan membantu nanti segera menyelesaikan ketersediaan migor (Minyak Goreng) di mana pun dan terjangkau," tegasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya