Zulkifli Hasan Klaim Miliki Formula Khusus Atasi Harga Minyak Goreng

Menteri Perdagangan dan juga Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA – Zulkifli Hasan saat ini resmi menjadi Menteri Perdagangan, menggantikan jabatan sebelumnya yang dipegang oleh Muhammad Lutfi. Setelah resmi dilantik oleh presiden, Zulkifli menyatakan akan meredam harga minyak goreng curah ke kisaran Rp14.000 per liter.

Daftar Harga Pangan 19 April 2024: Bawang hingga Telur Naik

“Sebulan yang lalu saya pernah diskusi dengan teman-teman pelaku usaha minyak sawit itu, ada skala prioritas. Perintah presiden Rp14.000 minyak curah sampai di tempat di terima ada barangnya nah itu nggak tuntas,” ujar Zulkifli kepada wartawan, Rabu 15 Juni 2022.

Zulkifli mengatakan, untuk menurunkan harga minyak goreng curah ke Rp14.000 per liter telah ditemukan beberapa cara.

Harga Pangan Naik Gegara Perang Israel Vs Iran?

Baca juga: Langkah Jaksa Agung Dalam Pengelolaan Dana Desa Agar Tepat Sasaran

“Saya diskusi panjang sama teman-teman ada beberapa cara tapi tunggu lah, sehari dua hari kelihatan.  Ada beberapa cara formula yang saya kira itu kalau dilaksanakan secara cepat akan bisa mengatasi,” jelasnya.

Daftar Harga Pangan 18 April 2024: Beras Premium hingga Gula Konsumsi Naik

Adapun setelah dilantik oleh presiden sebagai Mendag, Zulkifli mengungkapkan dia telah diberikan penugasan khusus oleh Presiden Jokowi. Di mana tugas yang diberikan yaitu, menjaga harga pangan, dan menjaga ketersediaan minyak goreng di dalam negeri.

“Penugasannya itu, tolong Pak Zul dengan background yang suka turun ke bawah mengerti mikro, mengerti ritel, soal pangan, ketersediaan minyak goreng dan lain-lain itu. Nah diyakini itu kepercayaan besar presiden saya mampu melaksanakan dengan baik, karena ketersediaan pangan di dalam negeri ini penting sekali,” ujarnya.

Antrean pembeli minyak goreng curah di Solo.

Photo :
  • VIVA/Fajar Sodiq (Solo)

Sebelumnya, Presiden Jokowi telah melantik Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan sebagai Mendag. Alasan ditunjuknya Zulkifli karena dinilai memiliki rekam jejak, pengalaman, dan terutama kemampuan seseorang di bidang ekonomi mikro maupun makro.

“Saya melihat Pak Zul dengan pengalaman, dengan track record rekam jejak yang panjang. Saya kira akan sangat bagus untuk menteri perdagangan,” kata presiden.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya