Pekerjaan Rumah Wamenaker Afriansyah Noor Versi Serikat Buruh

Wamenaker Afriansyah Noor
Sumber :
  • ANTARA/Desca Situmorang

VIVA – Sekretaris Jenderal Partai Bulan Bintang (PBB) Afriansyah Noor diangkat Presiden Joko Widodo sebagai Wakil Menteri Ketenagakerjaan (Wamenaker). Bagaimana kedekatannya dengan kalangan serikat buruh?.

3 Jenderal Termuda di TNI Angkatan Darat, Ada yang Jadi Perisai Hidup Presiden Jokowi

Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI) Andi Gani Nena Wea mengaku tidak mengenal langsung sosok Afriansyah Noor. Namun, pilihan Presiden Jokowi harus dihormati.

"Ini pekerjaan berat bagi wamenaker. Apalagi, baru kali ini ada wamenaker di Kementerian Ketenagakerjaan," katanya di Jakarta, Rabu, 15 Juni 2022.

Erick Thohir Beberkan 'Kunci Sukses' Timnas Indonesia ke Media Asing

Andi Gani yang juga Pimpinan Konfederasi Buruh ASEAN Trade Union Council (ATUC) menilai, wamenaker punya tugas yang sangat berat. Terutama berkaitan dengan masalah pekerja Indonesia. 

Misalnya lanjut dia, UU Cipta Kerja yang di dalamnya masih dimasukannya klaster ketenagakerjaan. Kemudian, kata Andi Gani, revisi Rancangan Undang-undang Pembentukan Peraturan Perundang-Undangan (RUU PPP) yang telah disahkan menjadi undang-undang.

PM Singapura akan Temui Jokowi Pekan Depan, Bahas Energi Hingga IKN

Presiden KSPSI, Andi Gani Nena Wea.

Photo :
  • VIVA/Mohammad Yudha Prasetya

"Saya memberikan masukan kepada wamenaker baru untuk segera beradaptasi dan mempelajari masalah-masalah buruh," tegasnya.

Sebelumnya, Andi Gani juga pernah ditawari untuk menduduki jabatan wamenaker di tahun 2019. Tapi, Andi Gani lebih memilih tetap berjuang sebagai presiden buruh dan Presiden Komisaris BUMN PT PP, karena merasa lebih nyaman berada di luar kabinet.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya