Sapi Digantung untuk Dipindahkan, Kemenhub Pastikan Bukan Kapal Ternak

Pemindahan sapi ke Kapal Ternak.
Pemindahan sapi ke Kapal Ternak.
Sumber :
  • Dokumentasi Kemenhub.

VIVA – Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kemenhub menjamin kelancaran distribusi pangan menggunakan moda transportasi laut. Salah satunya dengan menyediakan trayek Kapal Ternak untuk mewujudkan swasembada pangan dalam hal ini daging sapi dan kerbau.

Pelaksana Tugas Direktur Jenderal Perhubungan Laut, Arif Toha menjelaskan, Kapal Ternak ini sejalan dengan diberlakukannya Peraturan Presiden Nomor 70 Tahun 2017, Tentang Penyelenggaraan Kewajiban Pelayanan Publik Untuk Angkutan Barang Dari Dan Ke Daerah Tertinggal, Terpencil, Terluar Dan Perbatasan.

"Penyelenggaraan angkutan khusus ternak mengalami peningkatan setiap tahunnya mulai dari aspek armada, trayek, jumlah ternak yang diangkut hingga penambahan pelabuhan bongkar dan pelabuhan muat," kata Arif dikutip dari keterangannya, Jumat, 18 Juni 2022.

Dia pun merespons terkait viralnya video kapal yang mengangkut sapi dan tidak memperhatikan animal walfare di media sosial. dalam video tersebut nampak pemindahan sapi hidup dilakukan dengan digantung di leher dari sebuah kapal ke area dermaga.

Sapi dipindahkan dari kapal dengan digantung.

Sapi dipindahkan dari kapal dengan digantung.

Photo :
  • Tangkapan layar.

"Dengan menggunakan Kapal Ternak, tentu perlakuan kepada hewan dalam hal ini sapi  memperhatikan kaidah-kaidah kesejahteraan hewan (animal welfare)," tegasnya.

Adapun 6 Kapal Ternak dilayani oleh KM Camara Nusantara 1-6 dengan spesifikasi  anjang keseluruhan kapal (LOA) ±69.78 m, lebar ±13.6 m dan kapasitas ruang muat yang mencapai 150 Ton. Kapal Angkutan Khusus Ternak dapat mengangkut ternak dengan kapasitas sebanyak 550 ekor ternak sapi.