Biar Go Global, Erick Thohir Dorong Transformasi Pupuk Indonesia

Menteri BUMN Erick Thohir di depan Milenial Pupuk Indonesia.
Sumber :
  • istimewa

VIVA – Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir, mendukung PT Pupuk Indonesia (Persero) menjadi perusahaan Go Global, melalui program transformasi dan inovasi yang saat ini tengah dijalankan.

7 Negara dengan Populasi Pedesaan Terbesar di Dunia, Indonesia Nomor 4

Saat menyapa Millenial PT Petrokimia Gresik di GOR Tri Dharma Petrokimia Gresik, Jawa Timur hari ini, Erick meyakini bahwa program transformasi dan inovasi akan mampu meningkatkan kinerja perusahaan ke arah yang lebih baik.

"Saya berdoa grup Pupuk Indonesia, Petrokimia Gresik, harus menjadi pemain global, bukan waktunya kita jago kandang," kata Erick dalam keterangannya, Jumat 17 Juni 2022.

BPBD Assessment Pergerakan Tanah di Purwakarta

Baca juga: Heboh Nasi Uduk Babi di Jakarta, Begini Kata Wagub Riza
 
Erick meminta kepada seluruh jajaran manajemen Pupuk Indonesia Grup, agar tidak cepat puas atas kinerja yang berhasil diraih sampai saat ini. Dia berpesan kepada Pupuk Indonesia grup, agar dapat terus menjalankan program transformasi bisnis dan terus berinovasi.

"Karena itu, saya mendorong transformasi di Pupuk Indonesia supaya menjadi perusahaan kuat karena persaingannya kuat dan sehat, bahkan saya dorong lagi Pupuk Indonesia ini menjadi pemain global supaya ketika kita dibutuhkan, ketika kita harus mengintervensi pasar kita yang tidak seimbang kita hadir," ujarnya.
 
Salah satu inovasi yang disorot oleh Erick adalah program Mari Kita Majukan Usaha Rakyat (Makmur), yang menurutnya terbukti meningkatkan produktivitas pertanian dan kesejahteraan petani melalui penghasilan yang meningkat.

Kode Keras Erick Thohir Perpanjang Kontrak Shin Tae-yong: Ini Kan yang Ditunggu-tunggu?

Pupuk Indonesia.

Photo :
  • Antara/Rosa Panggabean.

 
Erick juga mendorong agar ke depan Pupuk Indonesia grup dapat mencari alternatif bahan baku pupuk, terutama Phosphate (DAP dan Rock Phosphate) dan Kalium (KCl). Karena kedua jenis bahan baku pupuk tersebut tidak tersedia di dalam negeri.

Apalagi, lanjut Erick, negara seperti Rwanda dan Brasil saat ini bahkan sudah berinovasi pada pupuk organik, bahkan memiliki biotech yang sangat berguna bagi sektor pertanian.
 
"Karenanya, Pupuk Indonesia grup diminta untuk tidak terpaku pada zona nyaman, dan harus melakukan transformasi di berbagai bidang. Diantaranya melalui kegiatan konvensi inovasi, agar dapat memberikan dampak positif kepada petani, masyarakat, dan bangsa," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya