Lewat Token Sangkara, Petani Tak Bakal Sulit Modal

APEDI serahkan 100 Ha tanah ke MSA
Sumber :
  • Dok.ist

VIVA – Presiden Asosiasi Pengusaha Desa (APEDI) , M. Irfantoro menyerahkan hak atas tanah pertanian seluas 100ha kepada PT Mitra Sangkara Abadi (MSA) sebagai bagian jaminan dari kerja sama pertanian antara MSA dan APEDI. Tanah seluas 100Ha saat ini terbagi di 3 provinsi yang berbeda; Jawa Barat, Banten dan Jawa Timur.

Kementan Gencarkan Pompanisasi dan Olah Tanah serta Percepat Tanam Padi


Dalam siaran pers yang disiarkan, Presiden APEDI M Irfantoro, didampingi Ketua DPP APEDI Jatim Kusfandian dan Sekjen APEDI M. Sabdo mengatakan, "Sesuai kesepakatan dengan MSA pada Bulan November 2021 lalu, APEDI akan menyediakan banyak lahan kelolaan sebagai jaminan permodalan yang dilakukan oleh MSA," kata Irfantoro, Sabtu (18/6).

Pendanaan yang dilakukan dengan bentuk Token Sangkara $MISA ini akan membawa dampak signifikan kepada Pertanian Indonesia. Saat ini banyak sekali petani Indonesia kesulitan modal dan tidak memiliki akses kepada institusi keuangan.

Panen Ganda Kelapa Sawit dan Padi, Untungkan Petani

"Bersama MSA, APEDI akan membawa inklusi keuangan langsung kepada para petani dengan Token Sangkara $MISA," ungkap dia melanjutkan.

MSA sendiri yang diwakili oleh CEO Agustino, mengatakan, "Token Sangkara $MISA memang berkeinginan kuat membawa inklusi keuangan dengan tokenisasi kepada para kaum marginal yang tidak tersentuh inklusi keuangan, tetapi memiliki potensi," tutur Agustino.

Pertanian adalah sektor potensial di Indonesia sebagai negara agraris. "Bersama APEDI, MSA akan bisa mendapatkan keuntungan dengan risiko yang lebih rendah dalam investasi di dunia pertanian," ujarnya.

HKTI Usulkan HPP Gabah Naik Jadi Rp6.757

Dengan total target lahan kelolaan seluas 100.000 Ha (Seratus Ribu Ha) hingga akhir tahun 2023, APEDI bersama MSA akan membawa Indonesia kepada ketahanan pangan yang nyata. Bukan hanya lahan dan investasi saja, MSA sesuai komitmennya di awal MOU, akan membawa digitalisasi pada pertanian Indonesia.

Hal ini telah dimulai dengan penjualan perdana pada NFT pertanian di www.5harvest0.com yang telah mendapatkan banyak perhatian di Eropa.

Sebagai Offtaker hasil pertanian para anggota APEDI, MSA telah mempersiapkan market place produk pertanian melalui www.IndonesiaBIG.com. Program yang akan dicanangkan adalah "Beli Satu Desa". Hal ini akan membawa para petani memiliki nilai tawar untuk hasil panennya, dan pasar yang jauh lebih luas daripada sebelumnya.

[Menteri Perdagangan, Zulkifli Hasan, di acara Halalbihalal 2024 yang digelar di Kantor Kementerian Perdagangan, Jakarta, Kamis, 25 April 2024]

Mendag Zulhas Tegas Tolak Impor Bawang Merah di Tengah Lonjakan Harga

 Menteri Perdagangan, Zulkifli Hasan alias Zulhas menegaskan, pemerintah tidak akan melakukan impor bawang merah.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024