Harga Emas Hari Ini 20 Juni 2022: Global Datar, Antam Stagnan

Emas batangan di Pabrik Logam Mulia Sekunder Shchyolkovo.
Sumber :
  • ANTARA/Sergei Fadeichev/TASS

VIVA – Harga emas internasional dibuka datar dan cenderung sedikut berubah pada perdagangan Senin pagi. Hal itu disebabkan oleh meningkatnya dolar sehingga membuat emas batangan kurang menarik bagi pembeli luar negeri non pengguna greenback.

Israel Tembakkan Rudal ke Iran, Harga Emas dan Minyak Mentah Terbang

Dilansir dari Economic Times pada Senin, 20 Juni 2022, harga emas di pasar spot sedikit berubah atau datar ke level US$1.839,79 per ons. Sedangkan, untuk emas berjangka AS datar di level US$1.840,30 per ons.

Hari ini, saham Asia mencoba untuk mempertahankan reli yang jarang terjadi, karena Wall Street berjangka membuat keuntungan awal. Hal itu karena berharap liburan AS akan memberikan jeda dari penjualan baru-baru ini, meskipun kekhawatiran tentang resesi global tidak pernah jauh.

Harga Emas Global dan Antam Terus Tembus Rekor Tertinggi saat Konflik di Timur Tengah Memanas

Baca juga: Awas, Dua Isu Utama Masih Akan Tekan Rupiah pada Pekan Ini

Sedangkan, Kantor pemerintah federal, Sistem Federal Reserve, pasar saham dan obligasi di AS akan ditutup pada Senin ini untuk liburan Juneteenth.

Harga Pangan Naik Gegara Perang Israel Vs Iran?

Sebelumnya, produksi di pabrik-pabrik AS secara tak terduga turun di Mei, tanda terbaru dari aktivitas ekonomi yang mendingin karena Federal Reserve secara agresif memperketat kebijakan moneter untuk menjinakkan inflasi.

Sedangkan, pembuat kebijakan Bank Sentral Eropa Klaas Knot mengatakan pada Jumat bahwa ECB mungkin perlu melakukan beberapa kenaikan suku bunga 50 basis poin jika inflasi terus meningkat dan dia memperkirakan kenaikan sekitar 200 basis poin.

Emas Domestik

Sementara itu, harga emas produksi PT Aneka Tambang Tbk (Antam) hari ini dibanderol seharga Rp999.000 per gram. Harga tersebut tidak berubah atau stagnan bila dibandingkan dengan perdagangan terakhir.

Dikutip dari data Unit Bisnis Pengolahan dan Pemurnian Logam Mulia Antam, harga pembelian kembali atau buyback emas ditetapkan seharga Rp876 ribu per gram. Harga itu juga tak berubah jika dibanding perdagangan terakhir. 

Emas Antam.

Photo :
  • Dokumentasi Antam.

Adapun harga emas berdasarkan ukuran, yakni lima gram dijual Rp4,77 juta, 10 gram Rp9,48 juta, 25 gram Rp23,58 juta dan 50 gram Rp47,09 juta. 

Kemudian, emas 100 gram dibanderol Rp94,11 juta, 250 gram Rp235,01 juta dan emas 500 gram Rp469,82 juta.  

Selanjutnya, untuk ukuran emas terkecil dan terbesar yang dijual Antam pada hari ini, yaitu 0,5 gram dibanderol Rp549,5 ribu dan 1.000 gram senilai Rp939,6 juta. 

Untuk diketahui, harga penjualan emas batangan Antam ini belum termasuk pajak. Pada hari ini, semua ukuran emas tersedia di butik emas Logam Mulia Pulo Gadung.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya