Ungkap Besar Subsidi BBM per Tahun, Jokowi: Bisa Untuk Bangun IKN

Presiden Jokowi
Presiden Jokowi
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Anwar Sadat

VIVA – Presiden Joko Widodo mengungkapkan saat ini harga bahan bakar di Indonesia merupakan salah satu yang termurah dibandingkan negara lainnya. Harga BBM jenis pertalite ada di Rp7.650 per liternya, beda jauh jika dibandingkan negara-negara tetangga.

Murahnya BBM di Indonesia, kata Jokowi itu disebabkan adanya subsidi yang sangat besar dari Pemerintah. Menurut Jokowi, besarnya subsidi yang dikeluarkan oleh Pemerintah untuk BBM nilainya setara dengan jumlah yang dapat digunakan untuk membangun sebuah Ibu Kota Negara.

"(Harga Pertalite) Kita masih Rp7.650 tetapi ini yang harus kita ingat, subsidi kita ke situ bukan (hanya) besar. (Tetapi) Besar sekali. Bisa dipakai untuk membangun ibu kota satu kan angkanya sudah Rp502 triliun," kata Jokowi di Rakernas II PDI Perjuangan, Selasa 21 Juni 2022.

Baca juga: Ekspresi Megawati Dapat Pujian dari Jokowi

Diketahui, jumlah yang dikeluarkan Pemerintah untuk subsidi BBM terus bertambah. Dari yang semula Rp152,2 triliun menjadi saat ini Rp502,4 triliun.

Jokowi mengatakan, jumlah yang dikeluarkan untuk subsidi tersebut sangat besar. Maka dari itu sangat sulit untuk menghadapi yang menjadi persoalan saat ini.

"Sampai kapan kita bisa bertahan dengan subsidi sebesar ini? kalau kita nggak ngerti angka-angka, kita enggak merasakan betapa sangat beratnya persoalan saat ini," kata Jokowi.