Temui Pendemo di Kantornya, Mendag Zulhas: Dua Minggu Lagi Harga Turun

Demo kenaikan harga pangan di kantor Kemendag.
Sumber :
  • VIVA/Anisa Aulia

VIVA – Sebanyak 75 pedagang pasar yang tergabung dalam Pusat Koperasi Pasar (Puskopas) DKI Jakarta melakukan aksi demo di depan kantor Kementerian Perdagangan (Kemendag). Pedagang pasar meminta kepastian Menteri Perdagangan (MendagZulkifli Hasan atau Zulhas terkait dengan harga kebutuhan pokok masyarakat yang saat ini melonjak.

Trade Minister: No Need to Worry about Weakening of Rupiah

Para pendemo itu memprotes terkait harga minyak goreng, cabai, dan sayur mayur. Merespons tuntutan itu, Zulhas yang berada di kantornya keluar untuk menemui para pendemo yang melakukan aksi unjuk rasa untuk melakukan audiensi.

“Apa yang bisa saya bantu? Untuk harga minyak dua minggu lah,” ujar Zulhas di kantornya, Rabu 22 Juni 2022.

Yandri Klaim Seluruh DPW dan DPD PAN Ingin Zulhas Kembali Ketua Umum

Mendag Zulkifli Hasan menemui pendemo di kantornya.

Photo :
  • VIVA/Anisa Aulia

Zulhas berjanji untuk minyak goreng akan turun dalam dua minggu ke depan. Dia juga menegaskan, jika tak kunjung turun, pedagang kembali dipersilakan kembali untuk menagih janjinya.

Neraca Perdagangan RI Surplus 47 Bulan Berturut-turut, Mendag: Bagian dari Keberhasilan Kemendag

“Dua minggu minyak akan turun, kalau enggak turun datang lagi ke sini,” tegas Zulhas.

Mendag Minta Puskopas Koordinir Pedagang

Zulhas dalam kesempatan itu juga meminta kepada pengurus-pengurus pedagang pasar yang tergabung dalam Puskopas untuk mengkoordinir pedagang. Karena dia menjanjikan Rabu depan, dia akan mengadakan pertemuan, terkait permasalahan tersebut.

“Bapak koordinir pengurus-pengurus itu, mungkin dari satu pasar tiga deh. Kita makan makan catet apa-apa yang diperlukan, yang bisa saya bantu dan tidak. Nah kita berdiskusi,” kata Zulhas.

Sebelumnya, pada kunjungannya ke Pasar Klender SS, Jakarta Timur Zulhas berjanji dalam waktu dua minggu kedepan harga minyak goreng curah akan stabil di Rp14.000 per liter.

"Saya meyakini dua minggu ini akan stabil walaupun target saya satu bulan. Tapi dua minggu ini enggak akan ada lagi yang ribut minyak Rp14.000, karena sudah ada bahkan bisa lebih stoknya," jelasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya