Kemendag Bakal Ganti Minyak Goreng Curah ke Kemasan Pekan Depan

Mendag Zulhas Cek Harga Minyak Goreng Curah di Pasar Klender SS.
Sumber :
  • VIVA/Anisa Aulia

VIVA – Kementerian Perdagangan (Kemendag) menargetkan, akan memasarkan minyak goreng curah dalam bentuk kemasan yang dinamai ‘Kita’ seharga Rp14.000 per liter pada pekan depan.

Integrasi TikTok Shop-Tokopedia Rampung, Kemendag Pastikan Awasi Ketat Transaksi

Hal itu diungkapkan Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan atau Zulhas, dalam kunjungannya ke pasar Klender SS, Jakarta Timur Rabu 22 Juni 2022.

Zulhas mengatakan, untuk minyak goreng curah Kita tersebut pihaknya saat ini sedang melakukan proses izin edar ke Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM).

Perdagangan Pakaian Bekas Impor Kembali Marak, Mendag Zulhas: Tunggu Tanggal Mainnya!

Baca juga: Naik Xpander ke Kejaksaan, Lutfi Beri Keterangan Soal Minyak Goreng

“Sekarang kita sedang mematangkan lagi diurus izin edarnya minyak Kita, minyak curah kemasan sederhana. Kalau Kamis jadi, mungkin nanti Senin bisa diproduksi oleh pabrik-pabrik. Jadi satu minggu kita kasih waktu,” ujar Zulhas kepada awak media, Rabu 22 Juni 2022.

Zulhas Enggan Revisi Aturan Barang Bawaan dari Luar Negeri: Bayar Pajak Dong!

Zulhas menjelaskan, langkah itu dilakukan agar minyak goreng curah dapat dipasarkan lebih luas. Karena saat ini minyak goreng curah hanya dipasarkan di tempat tertentu seperti pasar dan warung-warung.

“Kalau sudah kemasan itu pasarnya akan lebih luas bisa masuk di supermarket bisa. Kalau beli liter gini kan harus di tempat tertentu, harus dicurahkan, harus dituang, perlu orang lagi kadang-kadang bisa netes kotor,” jelasnya.

Zulhas mengatakan, dengan packaging minyak goreng saat ini yang membuat supermarket dan sebagainya tidak mau menjual minyak goreng curah. Tetapi jelasnya, jika minyak goreng curah sudah dalam bentuk kemasan, supermarket akan mau menjual minyak tersebut, sehingga persediaan melimpah di masyarakat.

"Kalau sudah dikemas mereka akan mau, jadi akan lebih banyak lagi dan lebih bersih. Makanya doakan Insya Allah dua minggu minyak Rp14.000,” terangnya.

Minyak goreng kemasan diduga tidak memiliki izin edar.

Photo :
  • Teguh Joko Sutrisno/ VIVA.

Lebih lanjut, Zulhas menuturkan dengan adanya minyak goreng curah kemasan tersebut tak lantas akan menghapus minyak goreng curah. Di mana beberapa waktu lalu dikabarkan minyak goreng curah akan dihapus oleh Pemerintah.

“Minyak curah tetap bahwa nanti semua orang sudah pindah ya itu diurus nanti. Tapi minyak goreng curah tetap ada 13.968 toko lebih jadi nanti tempatnya ada di mana-mana,” jelasnya.

Adapun dari 13.968 titik toko tersebut, merupakan langkah Pemerintah untuk menekan harga minyak goreng curah di Rp14.000 per kg.

"Nah ini 13.968 ini akan kita iklan layanan masyarakat kita beri tahu jadi Bapak Ibu yang ingin dapat minyak Rp14.000 silahkan datang ke tempat tempat layanan kita yang jumlahnya 13.986, sementara akan bertambah terus," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya