Pesawat Susi Air Kecelakaan, AirNav Ungkap Kronologi Penumpang Selamat

Evakuasi korban kecelakaan pesawat Susi Air di Papua
Sumber :
  • dok Tim SAR

VIVA – AirNav Indonesia menginformasikan kronologi kecelakaan pesawat yang dialami oleh maskapai Susi Air dengan rute Timika (Bandar Udara Moses Kilangin) menuju Duma (Airstrip) pada Kamis 23 Juni 2022.

Cegah Tragedi Tol Japek KM 58, Contraflow saat Arus Balik Dikawal Safety Car

Sekretaris Perusahaan AirNav Indonesia, Rosedi menjelaskan, pesawat dengan registrasi PK-BVM type Pilatus Porter PC-6 tersebut, lepas landas dari Timika pada pukul 05.32 WIT.

Penerbangan itu dilakukan dengan pelayanan keberangkatan oleh AirNav Cabang Pembantu Timika, dan diperkirakan tiba di Duma pada pukul 05.49 WIT.

Pengendara Motor Ini Minta Ganti Rugi Usai Ambil Jalur Mobil hingga Adu Banteng, Netizen Geram

"Keberangkatan pesawat penerbangan subsidi perintis yang membawa enam orang penumpang tersebut berjalan normal dengan kondisi cuaca cerah," kata Rosedi dalam keterangannya, Kamis 23 Juni 2022.

Tim SAR mencari pesawat Susi Air yang kecelakaan di Papua

Photo :
  • VIVA/Aman Hasibuan
Korban Tewas di Tol saat Arus Mudik 33 Orang, Meningkat dari Tahun Sebelumnya

Setelahnya, Rosedi menyebut bahwa AirNav kemudian mendapatkan informasi dari pihak Susi Air, bahwa PK-BVM mengalami kecelakaan. Hal itu pun langsung ditindaklanjuti dengan penetapan kondisi darurat oleh AirNav. Kemudian, dilakukan pula koordinasi yang intens dengan Basarnas Timika, Lanud TNI AU Timika, dan penerbangan lain, yang sedang beroperasi di sekitar rute penerbangan PK-BVM.

Berdasarkan informasi lanjutan, disampaikan bahwa pesawat PK-BVM ditemukan dalam kondisi crash sekitar 3 NM (5 KM) dari Duma.

"Berkat kolaborasi yang baik dari semua pihak, seluruh kru dan penumpang pesawat PK-BVM dapat ditemukan dalam kondisi selamat dan telah dievakuasi ke rumah sakit Timika," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya