Pemerintah Ganti Rugi Sapi yang Dimusnahkan karena PMK Rp10 juta

Airlangga Hartarto
Airlangga Hartarto
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA – Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto memastikan, setiap sapi milik peternak UMKM yang dimusnahkan akibat tertular wabah penyakit mulut dan kuku (PMK), akan mendapat ganti dari Pemerintah sebesar Rp10 juta per ekor.

"Pergantian terhadap hewan yang dimusnahkan atau dimatikan paksa, Pemerintah akan menyiapkan ganti terutama untuk peternak UMKM, sebesar Rp10 juta per sapi," kata Airlangga dalam telekonferensi, Kamis 23 Juni 2022.

Selain itu, Airlangga juga menjelaskan perkembangan dan penanganan kasus wabah PMK yang bakal dilakukan oleh Pemerintah. Dari hasil pembahasan antara Presiden Jokowi dan jajaran menterinya, disetujui bahwa untuk daerah berbasis level mikro, sapi-sapi ternak dilarang melakukan pergerakan.

"Itu untuk di daerah level kecamatan yang terdampak PMK, atau kita sebut daerah merah. Daerah merah ini ada di 1.765 dari 4.614 kecamatan atau sekitar 38 persennya," ujarnya.

Seorang petugas Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan memeriksa seekor ternak sapi menyusul merebaknya wabah penyakit mulut dan kuku (PMK).

Seorang petugas Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan memeriksa seekor ternak sapi menyusul merebaknya wabah penyakit mulut dan kuku (PMK).

Photo :
  • ANTARA/Anggi Mayasari

Kemudian, Presiden Jokowi juga sudah menyetujui struktur dari Satgas Penanganan PMK, yang akan dipimpin oleh Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Letjen TNI Suharyanto.

Sementara, Wakil Kepala Satgas Penanganan PMK akan berasal dari Dirjen Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementerian Pertanian, Dirjen Bina Pembangunan Daerah Kementerian Dalam Negeri, Deputi Kemenko Perekonomian, serta As-Ops Kapolri dan Panglima TNI.