Mendag Sebut Cabai Mahal Jadi Bonus Petani, Pedagang: Kesalahan Logika

Harga cabai.
Harga cabai.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Ikhwan Yanuar

VIVA – Menteri Perdagangan, Zulkifli Hasan, beberapa waktu lalu menyebut bahwa kenaikan harga bahan pokok termasuk cabai, merupakan bonus bagi para petani.

Menanggapinya, Wakil Sekretaris Jenderal Ikatan Pedagang Pasar Indonesia (IKAPPI), Ahmad Choirul Furqon, sangat menyayangkan hal tersebut. Terlepas dari guyonan atau bukan, Furqon menilai bahwa perkataan semacam itu tidak sepantasnya dilakukan oleh seorang Menteri.

"Jangan hibur pedagang atau petani dengan logical fallacy atau kesalahan berlogika," kata Furqon saat dihubungi VIVA, Kamis 23 Juni 2022.

Dia menilai, masalah yang terjadi tidak semudah yang dijelaskan oleh Zulhas. Karena, problem di lapangan jauh lebih kompleks, dan harus segera diberikan penanganan sangat serius. Bahkan, berdasarkan diskusi IKAPPI dengan sejumlah petani, sebenarnya harga cabai cenderung normal dan tidak ada kenaikan signifikan.

"Hal ini juga telah diafirmasi mentan beberapa hari yang lalu. Jadi apabila terjadi kenaikan harga yang tidak rasional, berarti ada masalah besar di jalur tengah, yaitu rantai distribusi pangan," ujarnya.

Furqon menambahkan, ketidaknormalan harga pangan seperti cabai ini memberikan efek domino. Sehingga, apabila tidak ditangani dengan serius, maka akan merugikan pedagang yang ada di hilir.

Apabila tidak ada penanganan pada jalur distribusi dan masalah ini dibiarkan berlarut-larut, Furqon mengaku khawatir jika hal ini akan berdampak buruk. Karena bahan pangan pokok merupakan sesuatu yang sangat penting, untuk memenuhi hajat hidup seluruh masyarakat Indonesia.

Pedagang cabai di Pasar Kendal Jateng.

Pedagang cabai di Pasar Kendal Jateng.

Photo :
  • Teguh Joko Sutrisno/ tvOne.

"Jangan sampai masalah yang dibuat selorohan ini akan menyebabkan dampak buruk berupa ketidakpercayaan publik terhadap Kemendag secara lembaga, atau Mendag Zulhas secara personal," ujarnya.

Diketahui, sebelumnya Menteri Perdagangan, Zulkifli Hasan, sempat menyebut bahwa kenaikan harga bahan pokok termasuk cabai, merupakan bonus bagi para petani cabai itu sendiri

"Kalau cabai keriting cabe merah musiman ya sekali-kali petani dapat bonus lah," kata Zulkifli di Istana Negara, Senin 20 Juni 2022.