SPAM Tanah Merah Mulai Dibangun, Ditargetkan Aliri Masyarakat 2023

Pemancangan tiang pertama Sistem Penyediaan Air Minum/SPAM Tanah Merah.
Sumber :
  • Dokumentasi PT PP.

VIVA – Anak dan cucu usaha BUMN konstruksi dan investasi PT PP (Persero) Tbk, yaitu PT PP Infrastruktur dan PT PP Tirta Tanah Merah, melakukan pemancangan tiang pertama Sistem Penyediaan Air Minum/SPAM Tanah Merah.

Kisah Julukan 'Ratu Kemiri' Istri Bupati Manggarai dalam Dugaan Jual Beli Proyek APDB

Direktur Utama PP Tirta Tanah Merah Aan Hadiwibowo mengungkapkan, SPAM Tanah Merah yang berlokasi di Bekasi, Jawa Barat. Merupakan kerja sama Bangun-Guna-Serah/BOT antara PP Tirta Tanah Merah sebagai Badan Usaha Pelaksana/BUP dengan PDAM Tirta Bhagasasi Kabupaten Bekasi. Kerja sama tersebut dalam rangka peningkatan penyediaan air minum dengan kapasitas 200 liter per detik/lpd.

"SPAM Tanah Merah akan melayani pelanggan domestik dan komersial di area pelayanan PDAM Bhagasassi Cabang Lemah Abang," kata  dalam keterangan di Jakarta, Jumat, 24 Juni 2022.

Hujan Deras di Bogor, Satu Pintu Bendungan Katulampa Jebol

Dia menjabarkan, saat ini PDAM Bhagasassi secara existing telah melayani penyediaan air minum dengan kapasitas sebesar 50 lpd. Ke depan melalui kegiatan pemancangan tiang pertama ini, SPAM Tanah Merah akan menghasilkan kapasitas air minum dengan total sebesar 250 lpd.

Kegiatan pemancangan tiang pertama ini merupakan awal proses dimulainya tahapan konstruksi pembangunan Instalasi Pengolahan Air Minum/IPA. Yang, diharapkan dapat mengalirkan air minum kepada masyarakat sekitar di tahun 2023 dengan hasil keluaran standar kualitas air minum sesuai Peraturan Menteri Kesehatan.

Rekomendasi Destinasi Liburan Lebaran untuk Keluarga, 4 Wisata Pantai Menawan di Tanjung Lesung

Pembangunan IPA dilakukan dengan teknologi yang andal di mana menggunakan material beton dengan kapasitas distribusi 200 lpd. Yang, dilengkapi reservoir glass fused steel kapasitas tampung 3.500 meter per kubik.

"Sistem pengoperasian otomatis menggunakan Supervisory Control And Data Acquisition/SCADA sehingga proses pengolahan air minum dapat dipantau setiap saat selama 24 jam per hari secara real time,” kata Direktur Operasi PP Infrastruktur Satya Priyambodo.

Sementara itu, Sekretaris Perusahaan PT PP Bahktiyar Efendi mengatakan, PP Tirta Tanah Merah akan mengoperasikan dan mengelola IPA Tanah Merah dengan kapasitas distribusi sebesar 200 lpd. Yang mengutamakan terjaminnya 3K, yaitu kualitas, kuantitas, dan kontinuitas. Sehingga dapat meningkatkan standar kehidupan masyarakat, pelaku bisnis, dan industri di sekitar kawasan Lemah Abang, Kabupaten Bekasi.

"Melihat pentingnya ketersediaan air minum sebagai kebutuhan utama dalam kehidupan masyarakat luas, PDAM Tirta Bhagasasi bersama PP Tirta Tanah Merah siap memberikan pelayanan yang terbaik dalam pengelolaan SPAM Tanah Merah ini," kata Efendi. (Ant)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya