Hari Pelaut, Kemenhub: Perannya Penting Jadi Tulang Punggung Ekonomi

Kapal tol laut untuk distribusi logistik (ilustrasi hari pelaut sedunia).
Kapal tol laut untuk distribusi logistik (ilustrasi hari pelaut sedunia).
Sumber :
  • Kemenhub

VIVA – Direktorat Jenderal Perhubungan Laut, Kemenhub, memperingati hari pelaut sedunia atau Day of Seafarer yang jatuh pada tanggal 25 Juni setiap tahunnya. Peringatan ini merupakan momentum untuk mengapresiasi jasa para pelaut di seluruh dunia khususnya pelaut Indonesia.

Pelaksana tugas (Plt) Direktur Jenderal Perhubungan Laut, Arif Toha mengungkapkan hari pelaut sedunia tahun ini mengusung tema 'Your voyage-then and now, share your journey'.

"Tema ini mengacu pada perjalanan para pelaut yang menjadi bagian distribusi global. Sehingga pelaut memiliki peran penting sebagai tulang punggung perekonomian sebuah negara," ujarnya Arif dikutip dari keterangannya, Sabtu, 25 Juni 2022.

Menurut Arif, perjalanan para pelaut saat bertugas penuh dengan tantangan bahkan kadang sampai harus bertaruh nyawa. Para pelaut juga banyak berkorban baik waktu dan tenaga hingga kebersamaan bersama keluarga.

"Perjuangan para pelaut semakin berat terutama pada masa pandemi COVID-19. Semua perjuangan dilakukan demi memastikan perpindahan orang, pengiriman barang-barang pokok dan komoditas di dunia berjalan dengan lancar, aman dan selamat sampai tujuan," jelasnya.

Salah satu kapal kargo tol laut.

Salah satu kapal kargo tol laut.

Photo :
  • U-Report

Karena itu, Arif mengajak semua pihak untuk menjadikan peringatan hari pelaut sedunia ini sebagai momentum untuk mengapresiasi dan menghormati jasa para pelaut dalam mendukung perekonomian dunia.