Erick Thohir: Bandara Jangan Cuma Gedung Besar Tapi Engga Ada Soulnya

Mneteri BUMN Erick Thohir di Bandara Soetta
Sumber :
  • VIVA / Sherly (Tangerang)

VIVA – Menteri BUMN Erick Thohir menyebutkan, pergerakan penumpang di sejumlah bandar udara terus mengalami perbaikan, pasca pandemi Covid-19.

Erick Thohir: Generasi Emas Timnas Indonesia Terus Ciptakan Sejarah Baru

Dari data yang ia terima, untuk pergerakan penumpang di bandar udara wilayah Jakarta-Tangerang, yakni Bandara Soekarmo-Hatta mengalami perbaikan sebesar 70 persen, kemudian Yogyakarta sebanyak 60 persen, lalu Bali sebanyak 70 persen.

Adanya hal ini, ia pun meminta adanya pemanfaatan yang dilakukan. Di mana, menjadikan bandara sebagai etalase budaya.

Komentar Erick Thohir Usai Timnas Indonesia Tembus Semifinal Piala Asia U-23

Menteri BUMN Erick Thohir.

Photo :
  • Tangkapan layar Anisa Aulia/ VIVA.

"Ekonomi pariwisata sudah membaik, hal ini terlihat dari pergerakan di bandaranya. Adanya hal ini, kita bisa membentuk etalase budaya airport, menuju negara modern dan maju. Caranya, dengan mengadakan festival budaya," katanya di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Minggu, 26 Juni 2022.

Anies soal Tawaran Jadi Menteri di Kabinet Prabowo: Belum Ada yang Ngajak

Lanjut dia, promosi budaya yang dilakukan memiliki dampak yang panjang. Di mana, mampu membuka lapangan kerja, kemudian menggerakan perekonomian pada UMKM, serta menghidupkan kembali sanggar-sanggar yang sebelumnya sempat vakum saat pandemi.

"Turunannya akan merembes ke bawah supaya kita menjaga ekonomi kerakyatan dan ini fungsi kami di BUMN, tidak hanya jadi korporasi besar, tapi harus sehat harus untung, yakni menyeimbangkan ekonomi kita. Serta, dengan promosi budaya melalui festival ini, kita dapat mastikan brand lokal jadi tujuan utama, supaya pembukaan lapangan kerja, dan UMKM  bisa terus bangkit," ujarnya.

Ia juga menekankan, air port (bandara) jangan jadi dinding yang kekar dan bersih, namum tidak ada jiwanya.

"Jangan jadi gedung gagah dan bersih saja, tapi engga ada soul-nya. Tapi, buat juga masyarakat terhibur dengan parade budaya ini. Yang mana bisa membedakan dengan airport lain," ungkapnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya