Catat, 5 Provinsi Ini Akan Uji Coba Beli Pertalite Pakai MyPertamina

Mobil mewah beli solar Subsidi disalah satu SPBU di Jakarta.
Mobil mewah beli solar Subsidi disalah satu SPBU di Jakarta.
Sumber :
  • istimewa

VIVA – PT Pertamina Patra Niaga, Sub Holding Commercial & Trading PT Pertamina (Persero) dijadwalkan akan melakukan uji coba pembelian BBM subsidi solar dan pertalite dengan mendaftar pada website MyPertamina mulai 1 Juli 2022.

Direktur Utama Pertamina Patra Niaga, Alfian Nasution mengatakan Pertamina Patra Niaga terus memperkuat infrastruktur serta kesisteman untuk mendukung program penyaluran Pertalite dan Solar secara tepat sasaran ini.

"Direncanakan, uji coba awal akan dilakukan di beberapa kota/kabupaten yang tersebar di 5 Propinsi antara lain Sumatera Barat, Kalimantan Selatan, Sulawesi Utara, Jawa Barat, dan DI Yogyakarta," kata Alfian dalam keterangan tertulisnya, dikutip Selasa 28 Juni 2022.

Baca juga: Kunci Gejolak Harga Minyak Tinggi, Ekonom: Subsidi Tepat Sasaran

Alfian menuturkan, sebagai BBM bersubdisi, penyaluran Solar dan Pertalite penugasan ini diatur oleh regulasi, antara lain Peraturan Presiden No. 191/2014 dan Surat Keputusan (SK) BPH Migas No. 4/2020.

Penyaluran BBM subsidi, lanjut Alfian merupakan salah satu amanah yang diberikan kepada Pertamina Patra Niaga dalam rangka memenuhi kebutuhan energi yang terjangkau bagi masyarakat. 

“Dalam menyalurkan BBM subsidi ada aturannya, baik dari sisi kuota atau jumlah maupun dari sisi segmentasi penggunanya. Saat ini, segmen pengguna Solar subsidi ini sudah diatur, sedangkan Pertalite segmentasi penggunanya masih terlalu luas,” jelas Alfian.