Pak Bas Mau Bikin Mandalika Jadi Lebih Wah

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono
Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono
Sumber :
  • Dokumentasi PUPR

VIVA – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono atau yang biasa disapa Pak Bas meninjau lokasi ajang balap motoGP di Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat. Peninjauan tersebut bertujuan untuk mengoptimalkan penghijauan area sekitar sirkuit Mandalika agar tetap terjaga kelestariannya. 

Lanjut Basuki, penghijauan tersebut mencakup area bukit serta jalan disekitar kawasan sirkuit Mandalika. Setelah dilakukan penghijauan, pihak PUPR juga akan memperbaiki ruas jalan disekitar area sirkuit. 

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono di Jalur Pansela, Jawa Tengah.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono di Jalur Pansela, Jawa Tengah.

Photo :
  • VIVA/Rosikin

"Dengan pekerjaan pembangunan jalan akses Mandalika dan ruas Kuta Kruak menjadi 4 lajur, wajah Kawasan Sirkuit Mandalika akan benar-benar berubah," kata Basuki dalam keterangan tertulisnya, Selasa 28 Juni 2022.

"Tingkatkan penyiraman pohon di sekitar jalan minimal 2 kali sehari, pada pagi dan sore hari. Penggunaan pupuk juga ditambah agar pohonnya hidup subur," tambahnya.

Kemudian, kata Basuki, pihaknya juga akan menata Jalan Bypass BIL - Mandalika sepanjang 17,3 km. Penataannya meliputi penanaman rumput dan pohon bougenvile, tabebuya, ketapang kencana, pule di median jalan, penghijauan di jalur lambat melalui penimbunan tanah dan penghijauan bukit di sepanjang Jalan Bypass BIL - Mandalika. 

"Kita lakukan juga pelebaran Jalan Kuta-Keruak sepanjang 5,3 km dengan menambah lajur eksisting menjadi 4 lajur, pembuatan saluran drainase beton di tepi luar badan jalan, dan perbaikan alinyemen vertikal dan horizontal jalan eksisting," ujar Basuki.