Beli BBM Subsidi di SPBU Harus Pakai Ponsel? Ini Penjelasan Pertamina

Pertalite
Pertalite
Sumber :
  • ANTARA/M Agung Rajasa

VIVA – PT Pertamina akan melakukan uji coba pembatasan pembelian Pertalite dan Solar bersubsidi. Pengguna BBM itu wajib melakukan pendaftaran di website MyPertamina yang akan dibuka mulai 1 Juli 2022.

Banyak yang beranggapan, ponsel yang telah diinstal aplikasi MyPertamina harus diperlihatkan kepada petugas SPBU untuk pengisian BBM bersubsidi dan ini dinilai cukup berisiko. Bagaimana sebenarnya sistem yang akan diuji coba Pertamina?

Corporate Secretary Pertamina Patra Niaga, Irto Ginting menjelaskan, pembelian BBM subsidi sebetulnya tak harus menggunakan ponsel. Pembelian BBM subsidi itu tetap bisa dilakukan seperti biasa.

"Tanggal 1 Juli baru mulai registrasi, dan pembelian BBM Subsidi masih seperti biasa," kata Irto saat dikonfirmasi VIVA, Selasa 28 Juni 2022.

Caranya, Ia menjelaskan, setelah nanti pengguna Pertalite mendaftar di website, maka nanti akan mendapatkan QR Code. Kode itu bisa mengidentifikasi kendaraan pengguna BBM subsidi.

"Setelah ada konfirmasi dan mendapatkan QR Code maka bisa digunakan untuk identifikasi kendaraan pengguna BBM Subsidi," katanya. 

QR Code Disebut Bisa Dicetak Terlebih Dahulu