Wamendag Jerry Sambuaga Sebut Kripto Sebagai Komoditas

Wamendag Jerry Sambuaga
Sumber :
  • Dok.ist

VIVA – Wamendag Jerry Sambuaga melakukan kunjungan ke Malaysia. Ia berada di Malaysia dalam rangka sebagai pembicara dalam seminar yang bertemakan Asian Blockchain Comunity dan Development. Dalam acara yang berlangsung selama 2 hari sejak 24 Juni sampai dengan 25 Juni 2022, Wamendag mendapatkan kesempatan menjadi pembicara utama pada tanggal 24 Juni 2022.

Dalam kesempatan tersebut Wamendag menjelaskan kemajuan dan arah perdagangan kripto yang juga marak di Indonesia. Jerry Sambuaga menekankan "Perdagangan kripto diatur oleh Bappebti di bawah Kementerian Perdagangan karena kripto di Indonesia dikategorikan sebagai komoditas dan bukan uang. Rupiah tetap merupakan alat tukar yang berlaku di Indonesia sesuai undang-undang," katanya

KPK Ungkap Background Pejabat Pemilik Aset Kripto Miliaran

Pada seminar yang diadakan secara hybrid (fisik dan online) dengan peserta dari  Indonesia, Malaysia, Singapura, Uni Emirat Arab, Amerika Serikat, Canada, New Zealand dan Eropa, DR Jerry juga mengundang para pelaku kripto Indonesia untuk terus berinovasi dan melakukan edukasi bagi masyarakat agar bisa memanfaatkan kripto sebagai salah satu instrumen investasi.

Kepada para pelaku kripto di luar Indonesia, Wamendag mengundang mereka untuk berinvestasi dan masuk sebagai pelaku industri kripto di Indonesia. Lebih lanjut Jerry menyampaikan bahwa Indonesia merupakan pasar masa depan yang potensial dengan bonus demografi yang mendukung pengembangan industri kripto.

Gibran Bereskan Pekerjaan Wali Kota usai Putusan MK, Siapkan Investasi Kecerdasan Buatan

Indonesia juga akan memiliki bursa kripto yang bertujuan untuk melindungi pelaku kripto baik dari sisi  konsumen kripto , trader dan developer koin atau token. Konsep ini penting karena hanya dengan memberikan kepastian dan perlindungan untuk semua maka industri kripto bisa maju.

"Kita tidak bisa membendung teknologi, tapi kita bisa memilih apa yang baik dan tidak dengan memberikan edukasi yang cukup dan perlindungan yang jelas bagi seluruh stakeholder industri," ujar dia melanjutkan.

Bos Indodax Ungkap Langkah Krusial agar Cuan Kelola Aset Kripto

Industri kripto di Indonesia berkembang sangat cepat dengan peningkatan transaksi per 31 dec 2021 mencapai total 835 Tilyun rupiah ( USD 700 Mil USD ) dan jumlah investor tercatat mencapai 12.5 juta user.

Hal itu disampaikan Wamendag dalam diskusi panel bersama Mr David Rhoades, Global Marketing Lead Monetary Authority of Singapore (MAS) dan Mr Harpreet, Malaysia Blockchain Association.

Di akhir kesempatan Wamendag juga menjawab beberapa pertanyaan dari peserta seputar antusiasme para pelaku tentang peluang investasi dan arah pengembangan kripto di Indonesia.

Acara diakhiri dengan foto bersama para pelaku kripto dan harapan bahwa industri kripto di Asia khususnya Indonesia, Malaysia, dan Singapura bisa menyamakan visi untuk perkembangan kedepan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya