Harga Emas Hari Ini 30 Juni 2022: Global Naik, Antam Stagnan

Ilustrasi Emas Batangan.
Ilustrasi Emas Batangan.
Sumber :
  • Foto ANTARA

VIVA – Harga emas internasional dibuka naik pada perdagangan Kamis pagi. Hal itu karena imbal hasil surat berharga AS yang turun usai dolar menguat dan bank sentral melakukan aksi agresif melawan inflasi yang tak terkendali.

Dilansir dari Economic Times pada Jumat 30 Juni 2022, harga emas di pasar spot naik sebesar 0,1 persen ke level US$1.818,31 per ons. Sedangkan, emas berjangka AS menguat 0,1 persen ke level US$1.819,70 per ons.

Saat ini, patokan imbal hasil surat berharga AS tenor 10 tahun beringsut turun. Hal itu tentunya meningkatkan daya tarik emas yang tidak memberikan imbal hasil.

Baca juga: Lagi, Sentimen The Fed dan Resesi Buat Rupiah Melemah Pagi Ini

Kemudian, dolar naik menuju puncak dua dekade terakhir, dan dapat mencatat kuartal terbaiknya dalam dari lima tahun terakhir, sehingga membuat emas kurang menarik bagi pembeli yang memegang mata uang lainnya.

Sedangkan, Kepala ekonom Bank Dunia Carmen Reinhart mengatakan dirinya skeptis bahwa AS dan ekonomi global dapat menghindari resesi, mengingat inflasi tinggi, kenaikan suku bunga yang tajam, dan pertumbuhan yang melambat di China.

Emas Domestik