Harga Emas Hari Ini 1 Juli 2022: Global dan Antam Amblas

Emas Batangan.
Emas Batangan.
Sumber :
  • ANTARA/REUTERS/Leonhard Foeger/am.

VIVA – Harga emas internasional dibuka turun pada perdagangan Jumat pagi dan berada pada jalur penurunan pekan ini. Hal itu, karena imbal hasil surat berharga AS yang naik sehingga kurangi permintaan emas batangan.

Dilansir dari Economic Times pada Jumat 1 Juli 2022, harga emas di pasar spot turun sebesar 0,1 persen ke level US$1.805,39 per ons. Sedangkan, emas berjangka AS tercatat datar di level US$1.806,40 per ons.
 
Meski alami penurunan, harga emas telah keluar dari kuartal terburuk sejak awal 2021 karena bank sentral AS hawkish dan dolar AS yang melonjak. Tapi pada pekan ini emas telah kehilangan sekitar 1,2 persen.

Baca juga: Di Hadapan Jokowi, Putin Beberkan Perkembangan Rinci Soal Ukraina

Sementara, dolar yang lebih kuat membuat emas lebih mahal bagi pembeli yang memegang mata uang lain. Dan benchmark surat berharga AS tenor 10 tahun naik setelah jatuh ke level terendah sejak 7 Juni pada Kamis.

Kemudian, suku bunga Federal Reserve yang lebih tinggi meningkatkan biaya peluang memegang emas, yang tidak menghasilkan bunga.

Emas Domestik

Sementara, harga emas produksi PT Aneka Tambang Tbk (Antam) hari ini dibanderol seharga Rp984.000 per gram. Harga tersebut turun Rp4.000 per gram bila dibandingkan dengan perdagangan kemarin.