Program PPS Pajak Berakhir, Pengusaha Harapkan Ini ke Ditjen Pajak

Ilustrasi Pajak
Ilustrasi Pajak
Sumber :

VIVA Bisnis – Program Pengungkapan Sukarela (PPS) telah berakhir pada 30 Juni 2022, dengan pencapaian harta yang diungkap Rp594,82 triliun. Serta pembayaran kewajiban pajak dalam bentuk pajak penghasilan (PPh) Rp61,01 triliun.

Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) mengapresiasi pencapaian tersebut. Sebab, antusiasme para wajib pajak masih besar mengikuti kebijakan tersebut.

"Hasil ini adalah hasil yang baik dalam arti kata walaupun sudah dilakukan pengampunan pajak atau tax amnesty pada 2016, ternyata masih bisa menghimpun pengungkapan sukarela sampai Rp594,82 triliun," ucap Ketua Umum Apindo Hariyadi Sukamdani dalam konferensi pers mengenai PPS di Jakarta, Senin, 4 Juli 2022.

Dengan telah dilaksanakannya PPS pada 2022 dan pengampunan pajak pada 2016, Apindo berharap data wajib pajak akan semakin baik karena pengungkapan seluruh harta sudah dilaksanakan secara menyeluruh.

Dari sisi wajib pajak, diharapkan juga lebih memiliki landasan untuk bisa berkembang dalam segi usaha ataupun profesinya. "Ini yang kami harapkan sehingga terbangun saling percaya di antara wajib pajak dengan negara," tuturnya,

Ketua Apindo Haryadi Sukamdani.

Ketua Apindo Haryadi Sukamdani.

Photo :
  • M Yudha P/VIVA.co.id

Selain itu Hariyadi juga berharap hasil yang baik dari PPS tahun ini akan menjadi fondasi yang kuat untuk pembangunan negara ke depan. Sehingga fundamental untuk peningkatan rasio pajak atau tax ratio akan ikut menjadi lebih baik.

Halaman Selanjutnya
img_title