Jokowi: Saya Yakin RI Segera Swasembada Beras

Presiden Jokowi tanam padi bersama petani di Jawa Timur.
Sumber :
  • Biro Pers Sekretariat Presiden

VIVA Bisnis – Presiden Joko Widodo mengungkapkan bahwa selama tiga tahun terakhir, Indonesia sudah tidak lagi mengimpor beras. Hal itu karena stok beras untuk kebutuhan tanah air sangat cukup.

Tony Blair Ucapkan Selamat ke Prabowo Usai Menang Pilpres: Fantastis!

Karena hal tersebut, Jokowi meyakini bahwa dalam beberapa waktu ke depan Indonesia akan kembali mampu mencapai swasembada beras. Sebab, Indonesia memiliki segala potensi untuk mencukupi kebutuhan berasnya sendiri.

"Saya yakin karena kita sudah 3 tahun ini tidak impor beras, saya yakin swasembada beras kita akan segera kita capai," kata Jokowi dalam keterangannya di Subang, Jawa Barat, Selasa, 12 Juli 2022.

Pergerakan Pemudik Lebaran 2024 Capai 242 Juta Orang, Menhub Budi Beberkan Catatan dari Jokowi

Meskipun begitu, Jokowi juga mengatakan, saat ini Indonesia tidak boleh ketergantungan pada satu bahan pangan saja. Indonesia harus mampu memaksimalkan berbagai potensi pangan lainnya.

Presiden Jokowi usai menanam padi bersama petani.

Photo :
  • Biro Pers Sekretariat Presiden
Daftar Harga Pangan 19 April 2024: Bawang hingga Telur Naik

Dalam kondisi ketidakpastian global dan ancaman krisis pangan yang akan terjadi, berbagai upaya untuk mencukupi kebutuhan pangan sendiri harus dioptimalkan. Banyak yang dapat dikembangkan di Indonesua seperti di antaranya yakni tanaman sagu, sorgum, jagung dan lain-lain.

"Perlu saya tekankan bahwa jangan juga kita ketergantungan hanya satu beras saja, tetapi pangan kita yang lainnya masih bisa untuk dikembangkan lagi. Baik namanya sagu, namanya sorgum, namanya porang, jagung, ketela pohon dan lain-lainnya ini masih memiliki peluang untuk kita tingkatkan produksinya," ujarnya.

Mantan Gubernur DKI itu juga mengingatkan kondisi saat ini di mana kelangkaan pangan mulai terjadi. Oleh sebab itu dia meminta, ketersediaan bahan pangan harus terus diawasi agar terus dalam kondisi aman.

"Tadi saya melihat apa yang dikerjakan oleh balai padi ini dalam rangka menyiapkan varietas unggul selalu menemukan varietas baru, dan tadi kita lihat tadi yang banyak ditanam masyarakat memang inpari 32 dan inpari 42 dan juga varitas lainnya," kata Jokowi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya