Luhut Tegaskan Desa Berperan Vital Akselerasi Pemulihan Ekonomi

Menko Luhut.
Sumber :
  • Tangkapan layar Anisa Aulia/ VIVA.

VIVA – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Panjaitan mengatakan, desa adalah ujung tombak membangun negara, karena bangsa ini akan lebih bermartabat bilamana desanya makmur dan kokoh. 

UNS Kerjasama dengan BRI Gelar Program Desa Inspiratif

Melalui laman Instagram pribadinya, @luhut.pandjaitan, dia mengakui bahwa saat ini peran desa semakin vital, bukan karena hanya untuk meningkatkan perekonomian masyarakat di daerah saja.

"Tapi juga membantu percepatan Pemulihan Ekonomi Nasional di masa pandemi, ditambah tantangan gejolak ekonomi yang terjadi di seluruh negara di dunia," kata Luhut dikutip dari postingannya, Selasa, 12 Juli 2022.

Proyek Kereta Cepat Dilanjutkan Sampai Surabaya, Luhut Bentuk Tim Percepatan dengan China

"Sebagai wilayah yang kaya akan hasil laut, perkebunan, dan rempah-rempah, 'backbone' ekonomi bangsa ini sesungguhnya ada di 'pundak' desa-desa seluruh Indonesia," ujarnya.

Luhut menambahkan, setelah dihadapkan pada berbagai tantangan seperti sekarang, terbukti perekonomian Indonesia tetap terjaga dengan kinerja yang relatif baik dibandingkan negara lain di dunia.

Luhut Ungkap Rencana China Tanam Ratusan Hektare Padi di Kalimantan

"lni semua karena peran transformasi ekonomi desa yang merupakan hasil dari peningkatan alokasi dana desa sejak tahun 2014," kata Luhut.

Dia juga berharap akan kemandirian desa sepenuhnya, sehingga para kepala desa harus terus bekerja keras bukan hanya menampung aspirasi masyarakat desa. Tetapi juga melakukan perbaikan kebijakan-kebijakan, yang mampu mendorong kemandirian desa mereka.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan.

Photo :
  • VIVA/Mohammad Yudha Prasetya

"Terutama dalam menghadapi berbagai tantangan ke depan yang lebih berat, dalam mewujudkan Indonesia Maju 2045," ujar Luhut.

Selain infrastruktur fisik yang harus terus ditingkatkan, desa juga harus terus memperbaiki kualitas sumber daya manusianya. Luhut meyakini, inflasi yang hari ini hadir di hampir seluruh negara, dapat teratasi dengan baik karena kemandirian desa-desa yang ada.

"Dan saya yakin bahwa pada tahun 2030 mendatang, Indonesia akan dapat keluar dari middle income trap bila seluruh desa di Indonesia mampu mandiri seluruhnya," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya