Progres Sudah di Atas 70 Persen, Begini Penampakan Baru TMII

Revitalisasi TMII Tugu Api dan Sasono Utomo.
Sumber :
  • VIVA/Dusep Malik

VIVA – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) sedang melakukan revitalisasi besar-besaran pada Kawasan Taman Mini Indonesia Indah (TMII) usai diambil alih pengelolaannya oleh Pemerintah Pusat.

Namanya Masuk Bursa Cagub DKI Jakarta, Menteri Basuki Buka Suara

Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono mengatakan progres revitalisasi TMII di Jakarta Timur tersebut hingga awal Juli 2022 telah rata-rata mencapai di atas 70-75 persen. 

Ia mengungkapkan, progres revitalisasi TMII sudah dilakukan sejak Januari 2022 lalu. TMII nantinya akan dijadikan tempat rekreasi modern dan lebih sehat untuk masyarakat Indonesia.

Benteng Vredeburg Yogyakarta Direvitalisasi, Bakal Ada Wisata Malam

Baca juga: Sri Mulyani Bentuk Platform Turunkan Emisi Karbon di Indonesia

Adapun revitalisasi yang dilakukan Kementerian PUPR antara lain penataan lanskap Danau Archipelago, rehabilitasi Gedung Sasono, Tugu Pancasila/Tugu Api, renovasi theater Keong Mas dan pembangunan gedung parkir baru.

Taman Mini Indonesia Indah: Jendela Menuju Keberagaman Budaya dan Pesona Alam Indonesia

Dari pantauan VIVA Bisnis yang sempat mengunjungi TMII bersama Menteri PUPR terlihat sejumlah lokasi revitalisasi dalam progres pekerjaan. Pekerja pun terlihat sedang mengebut proyek yang rencananya selesai akhir Juli 2022.

Seperti pada Danau Archipelago, kini tumpukan tanah yang berbentuk Peta Indonesia sudah mulai cantik dengan sistem cahaya lampu yang sangat keren pada malam hari. Sebelum direvitalisasi, peta mini ini hampir tenggelam.

Tak hanya itu, Danau Archipelago ini nantinya juga memiliki jogging track selebar 2-3 meter yang mengelilingi. Ditambah adanya menara pandang yang dapat melihat secara keseluruhan peta Indonesia.

Kemudian, Kementerian PUPR juga mempercantik bangunan Sasono Utomo, Langen Budoyo dan Sasono Adiguno. Dengan tetap mempertahankan bangunan klasik, dan interior diubah lebih modern dengan lantai marmer yang elegan. 

Saat ditanya progres yang sudah dikerjakan, Basuki menegaskan sudah di atas 70 persen dan semua kontraktor yang mengerjakan revitalisasi minta waktu akhir Juli selesai, kecuali tugu api yang harus pasang 17 layer tambang di puncaknya, sehingga akan selesai pada Agustus 2022.

"Saya kira kalau mau dinilai (hasil pekerjaannya) di atas 7 semua. Kalau ada yang kurang pasti akan kita lihat detailnya nanti," kata Basuki di TMII dikutip VIVA Bisnis, 14 Juli 2022.

Revitalisasi ini, tentu akan membuat pengunjung nantinya pangling atau kagum melihat TMII yang baru. Sebab, beberapa spot memang telah di modernisasi dan dikembalikan kepada fungsinya sebagai showcase Indonesia. 

Adapun TMII baru nantinya memiliki 4 zona utama yang bisa dinikmati masyarakat. Yaitu. Zona Indonesia Klasik, Zona Arsitektur Nusantara, Zona Indonesia Kini dan Zona Jendela Dunia. Berikut Foto-foto progres revitalisasi TMII:

  • Pembangunan dan revitaslisasi pintu masuk I TMII

Revitalisasi TMII Pintu I.

Photo :
  • VIVA/Dusep Malik

  • Revitalisasi kawasan tugu api

Revitalisasi TMII Tugu Api dan Sasono Utomo.

Photo :
  • VIVA/Dusep Malik

  • Revitalisasi Sasano Utomo

Revitalisasi TMII Interior Sasano Utomo.

Photo :
  • VIVA/Dusep Malik

  • Revitalisasi Sasono Langen Budoyo

Revitalisasi TMII Sasono Langen Budoyo.

Photo :
  • VIVA/Dusep Malik

  • Revitalisasi Danau Archipelago

Revitalisasi TMII Danau Archipelago.

Photo :
  • VIVA/Dusep Malik

  • Revitalisasi Theater Imax Keong Mas

Revitalisasi TMII Theater Imax Keong Mas.

Photo :
  • VIVA/Dusep Malik

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya