HUT Ke-66, Bank Danamon 'Pamer' Capaian Positif Sejak Awal 2022

Gedung Bank Danamon
Sumber :
  • Bank Danamon

VIVA Bisnis – PT Bank Danamon Indonesia Tbk merayakan ulang tahun yang ke-66 pada tahun ini. Mengusung tema 'Bersama Bersinergi', Danamon berkomitmen menjadikan karyawan, nasabah, dan komunitas, sebagai fokus utama.

Unilever Indonesia Cetak Laba Bersih Rp 1,4 Triliun Kuartal I-2024

Wakil Direktur Utama Bank Danamon, Hafid Hadeli menegaskan, capaian itu terjadi seiring pemulihan ekonomi nasional pascapandemi COVID-19. Hal serupa juga terjadi pada Danamon, yang berhasil mencatatkan kinerja positif di kuartal I-2022. 

"Di akhir kuartal I-2022, Laba Bersih Setelah Pajak (NPAT) Danamon mencapai Rp860 miliar, meningkat 65 persen dibandingkan periode yang sama," kata Hafid di kawasan Senayan, Jakarta Pusat, Kamis 14 Juli 2022.

Rukun Raharja Cetak Laba Bersih US$8 Juta di Kuartal I-2024

Baca juga: Progres Sudah di Atas 70 Persen, Begini Penampakan Baru TMII

Dia memastikan, kinerja Danamon di kuartal I-2022 terbukti tidak menyurut, dengan adanya sinergi yang apik dan kuat di masa pandemi COVID-19. Misalnya terlihat dari rasio non-performing loan (NPL) gross, yang membaik 50 bps menjadi 2,8 persen.

Trik Inisiatif Perbaiki Fundamental, Turunkan Rasio Kredit Berisiko (LAR) Hingga Dibawah 35%

"Rasio Non-Performing Loan (NPL) coverage mencapai 209 persen di kuartal I-2022, dibandingkan tahun sebelumnya yang sebesar 177 persen," ujarnya.

Sementara, persentase Loan at Risk (LAR), yang mencakup COVID-19 restructured loans under forbearance sebesar 15,4 persen, juga berangsur membaik hingga sebesar 60bps dibandingkan tahun sebelumnya. 

Bank Danamon

Photo :
  • VIVAnews/Fernando Randy

Indikator keuangan ini berkontribusi pada profitabilitas Danamon, yang ditandai dengan tren quarterly yang stabil dari Net Interest Margin (NIM) sebesar 7,9 persen.

"Sementara laba operasional tumbuh 49 persen year-on-year," kata Hafid.

Selain itu, kredit di segmen Enterprise Banking, yang terdiri dari Perbankan Korporasi dan Komersial serta Lembaga Keuangan, naik 10 persen mencapai Rp61 triliun dibandingkan tahun sebelumnya. Pertumbuhan ini didukung oleh kolaborasi Danamon dengan jaringan MUFG, dan fokusnya pada nasabah blue-chip dan BUMN.

"Seiring dengan pulihnya sektor pembiayaan kendaraan bermotor, pembiayaan baru Adira Finance mengalami peningkatan sebesar 33 persen dibandingkan kuartal I-2021," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya