Erick Thohir: Usai Transformasi, Sarinah Sudah Dikunjungi 5 Juta Orang

Erick Thohir Menteri BUMN
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA Bisnis - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengatakan, sejak dibuka untuk umum empat bulan lalu, total pengunjung Sarinah dipastikan telah mencapai 5 juta orang lebih.

Kepemimpinan Perempuan di BUMN dan Cara BKI Lanjutkan Semangat Kartini

Hal itu diutarakan Erick Thohir di hadapan Presiden Jokowi, saat memberikan sambutan pada acara peresmian transformasi Gedung Sarinah.

"Sejak pembukaan awal empat bulan lalu sampai hari ini diresmikan Presiden, total pengunjungnya itu mencapai 5 juta. Luar biasa ini," kata Erick, Kamis 14 Juli 2022.

Alasan Heerenveen Izinkan Nathan Tjoe-A-On Kembali ke Timnas Indonesia U-23

Erick menjelaskan, Sarinah yang merupakan gagasan langsung Presiden Soekarno, sejak selesai direnovasi pada Maret 2022 bisa dikunjungi sampai 40 ribu orang per hari.

Gedung Sarinah Thamrin

Photo :
  • Instagram @wika.sarinah
Erick Thohir Beri Kabar Baik soal Nathan Tjoe-a-On, Bisa Bela Timnas Indonesia Vs Korea Selatan

Meski demikian, Erick memastikan bahwa setelah direnovasi pun, jiwa Sarinah masih sama seperti saat dibangun oleh Presiden Soekarno dulu. Yakni sebagai wadah dan etalase untuk produk karya lokal, atau pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

Tak hanya soal bentukannya secara fisik, kata Erick, Sarinah juga melakukan transformasi sebagai ruang publik dan ekosistem, yang melibatkan komunitas, penyanyi, penari, dan pegiat kebudayaan.

"Agar bagaimana ruang publik ini menjadi sebuah ekosistem, supaya orang bisa datang berbondong-bondong dan melihat produknya serta komunitasnya," ujarnya.

Diketahui, Pusat Perbelanjaan Sarinah di Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, telah beroperasi kembali pada 21 Maret 2022. Tercatat ada 500 UMKM yang menjajakan barang dagangannya di lokasi tersebut.

PT Department Store Indonesia merupakan cikal bakal Sarinah berdiri pada 17 Agustus 1962. Sarinah sendiri merupakan gagasan Presiden Soekarno, setelah peresmian Hotel Indonesia pada 5 Agustus 1962.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya