Zulhas: Ritel Tumbuh, Ekonomi Pulih

Menteri Pedagangan Zulkifli Hasan.
Sumber :
  • VIVA/Mohammad Yudha Prasetya

VIVA Bisnis – Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan alias Zulhas menilai acara Indonesia Retail Summit 2022 menjadi kesempatan emas bagi anggota Hippindo yang bergerak di sektor ritel, kuliner dan hiburan untuk dapat menggali potensi pasar secara global. 

Trade Minister: No Need to Worry about Weakening of Rupiah

"Saya berharap acara ini dapat turut meningkatkan konsumsi domestik serta menciptakan peluang lebih besar untuk perkembangan dan kemajuan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM), para pelaku ekonomi kreatif, pusat perbelanjaan dan pelaku bisnis ritel di seluruh Indonesia," kata Zulhas di acara konpers Indonesia Retail Summit 2022 di kantor Kementerian Perdagangan, Jakarta, Kamis, 14 Juli 2022.

Acara itu merupakan salah satu sarana mempromosikan produk-produk dalam negeri, baik makanan, minuman, kerajinan maupun fesyen, baik untuk konsumen dalam negeri maupun pasar luar negeri. Tujuan akhirnya agar produk dalam negeri dapat bersaing di pasar global.

Yandri Klaim Seluruh DPW dan DPD PAN Ingin Zulhas Kembali Ketua Umum

“Indonesia Retail Summit 2022 juga dapat mendorong ekonomi kerakyatan dengan menggerakkan UKM sebagai supplier di ritel luring maupun di platform lokapasar dan mendukung program Bangga Buatan Indonesia dengan belanja produk Indonesia," ujar Zulhas, yang juga Ketua Umum PAN. 

Marketplace produk-produk UMKM syariah.

Photo :
  • Dokumentasi KESAN.
Mendag Imbau Masyarakat Tak Perlu Khawatir soal Pelemahan Rupiah

Dia kembali menegaskan bahwa sektor ritel memiliki kontribusi penting dalam mendorong pemulihan konsumsi rumah tangga. Kontribusi para peritel, termasuk yang berada di pusat perbelanjaan, dapat mendorong peningkatan konsumsi rumah tangga. 

"Salah satu faktor pendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia adalah konsumsi rumah tangga yang kontribusinya mencapai 53,65 persen terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) dan tumbuh 4,34 persen pada kuartal I 2022,“ katanya.

Kementerian Perdagangan mendorong pemanfaatan transaksi secara online, pengiriman, pelayanan secara elektronik sehingga kebutuhan masyarakat masih bisa dipenuhi dengan tetap mematuhi protokol kesehatan.

Zulhas menambahkan, Indonesia retail summit 2022 juga dapat mendorong ekonomi dengan menggerakkan UKM sebagai supplier offline maupun online lewat platform marketplace dan mendukung program bangga buatan Indonesia dengan belanja produk Indonesia.

"Kami berharap Hippindo melalui asean summit 2022 dan hari belanja diskon indonesia dapat serius mempromosikan produk-produk dalam negeri, makanan, kerajinan maupun fashion baik untuk konsumen untuk dalam negeri maupun luar negeri yang pada akhirnya dapat bersaing di pasar global," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya