VIDEO: Kondisi Terkini Revitalisasi TMII

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono Tinjau Revitalisasi TMII
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA Bisnis – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) saat ini tengah merevitalisasi Kawasan Taman Mini Indonesia Indah (TMII), secara besar-besaran. Langkah ini dilakukan, usai pengelolaan TMII secara resmi diambil alih oleh Pemerintah Pusat.

Menhub dan Menkes Ikut Pindah ke IKN Juli 2024, Basuki: Menkeu Belum 

"Kita atas perintah Presiden melakukan renovasi (TMII) seperti halnya Gelora Bung Karno dan Masjid Istiqlal. Memperbaiki itu bisa mengembalikan ke awalnya dan lebih baik pastinya," kata Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono, dikutip dari VIVA Video, Jumat 15 Juli 2022.

Basuki menjelaskan, progres revitalisasi TMII yang berlokasi di wilayah Jakarta Timur tersebut, sudah dilakukan sejak Januari 2022 lalu. Perkembangan revitalisasinya rata-rata telah mencapai di atas 70-75 persen, hingga awal Juli 2022.

Progres Pembangunan Tol Bayung Lencir-Tempino Seksi 1 Capai 83,85 Persen

"Jadi TMII nantinya akan dijadikan tempat rekreasi modern, dan lebih sehat untuk masyarakat Indonesia," ujar Basuki.

Saat ditanya terkait progres yang sudah dikerjakan, Basuki menegaskan rata-rata bagian-bagian TMII yang direvitalisasi, sudah di atas 70 persen. Sebab, semua kontraktor yang mengerjakan revitalisasi ini telah diminta untuk menyelesaikannya pada akhir Juli 2022.

Aksi Pelemparan Batu Warnai Pembongkaran Pasar Kutabumi Tangerang

Revitalisasi TMII Danau Archipelago.

Photo :
  • VIVA/Dusep Malik

"Kecuali tugu api yang harus pasang 17 layer tambang di puncaknya, sehingga akan selesai pada Agustus 2022," kata Basuki.

"Saya kira kalau mau dinilai (hasil pekerjaannya) di atas 7 semua. Kalau ada yang kurang pasti akan kita lihat detailnya nanti," ujarnya.

Diketahui, revitalisasi ini diharapkan akan membuat pengunjung TMII nantinya pangling atau kagum, demi melihat kondisi terbarunya pascarevitalisasi. Sebab, beberapa spot memang telah di modernisasi, dan dikembalikan kepada fungsinya sebagai showcase Indonesia. 

Adapun revitalisasi yang dilakukan Kementerian PUPR antara lain penataan lanskap Danau Archipelago, rehabilitasi Gedung Sasono, Tugu Pancasila/Tugu Api, renovasi Theater Keong Mas dan pembangunan gedung parkir baru.

Revitalisasi TMII Theater Imax Keong Mas.

Photo :
  • VIVA/Dusep Malik

Dari pantauan VIVA Bisnis yang sempat mengunjungi TMII bersama Menteri PUPR terlihat sejumlah lokasi revitalisasi dalam progres pekerjaan. Pekerja pun terlihat sedang mengebut proyek yang rencananya selesai akhir Juli 2022.

Seperti pada Danau Archipelago, kini tumpukan tanah yang berbentuk Peta Indonesia sudah mulai cantik dengan sistem cahaya lampu yang sangat keren pada malam hari. Sebelum direvitalisasi, peta mini ini hampir tenggelam. Tak hanya itu, Danau Archipelago ini nantinya juga memiliki jogging track selebar 2-3 meter yang mengelilingi. Ditambah adanya menara pandang yang dapat melihat secara keseluruhan peta Indonesia.

Kemudian, Kementerian PUPR juga mempercantik bangunan Sasono Utomo, Langen Budoyo dan Sasono Adiguno. Dengan tetap mempertahankan bangunan klasik, dan interior diubah lebih modern dengan lantai marmer yang elegan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya