Lengkap! Ini Isi 14 Paragraf G20 Chair's Summary 3rd FMCBG 2022 Bali

Pertemuan ketiga menteri keuangan dan gubernur bank sentral negara anggota G20 (3rd FMCBG) di Nusa Dua, Bali, Indonesia.
Sumber :
  • g20.org

VIVA Bisnis – Pertemuan ketiga Menteri Keuangan dan Gubernur Bank Sentral negara anggota G20 (3rd FMCBG) telah berakhir tanpa komunike atau pernyataan resmi bersama. Tapi, ada kesimpulan atau ringkasan yang dihasilkan dari rapat selama dua hari tersebut yang dituangkan dalam G20 Chair’s Summary.

OJK Ingatkan Emak-emak Hati-hati Terjerat Rentenir: Bunganya Luar Biasa Mencekik Leher

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyampaikan, ringkasan itu terdiri dari empat belas paragraf. Ani, – begitu sapaan akrabnya –  mengatakan, dari empat belas paragraf tersebut, hanya terdapat dua paragraf yang mendapat perbedaan pandangan dari anggota G20.

"Kita sepakat bahwa pertemuan G20 ini di bawah presidensi G20 Indonesia 2022 penuh tantangan dan sulit karena ketegangan geopolitik," ujarnya di Bali Nusa Dua Convention Center (BNDCC), dikutip Minggu, 17 Juli 2022.

Rupiah Melemah, OJK Kasih Tips Emak-emak Kelola Keuangan

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati (kiri) bersama Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo (kanan) menyampaikan sambutan pembukaan Pertemuan Menteri Keuangan dan Gubernur Bank Sentral (FMCBG) G20 di Nusa Dua, Bali, Jumat 15 Juli 2022.

Photo :
  • Pool/Fikri Yusuf

Dalam konteks menjadi tuan rumah atau penyelenggara, Ani mengakui ini merupakan pekerjaan dan tantangan luar biasa. Tapi dukungan bilateral yang kuat didapat oleh Indonesia. 

Rupiah ke Level Rp 16.242 Per Dolar AS Pagi Ini, Ada Harapan Menguat

"Melihat konsensus negara anggota, bilateral mendukung kuat presidensi dan agenda kita dan mereka menyampaikan juga simpati dengan situasi Indonesia di mana Indonesia menangani situasi seperti ini," katanya.

Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo saat konferensi pers hasil pertemuan 3rd FMCBG G20.

Photo :
  • VIVA/Fikri Halim

Sementara itu, Gubernur BI Perry Warjiyo mengungkapkan bahwa hasil utama yang dicapai adalah banyak kemajuan dan substansi di sektor keuangan yang diambil dari pertemuan ini.

"Saya rasa hasil utamanya adalah kita bersama-sama bisa mencapai kemajuan, banyak substansi dan banyak yang bisa dicapai seperti bagaimana mencapai stabilitas makro, inklusi keuangan hingga kemajuan dalam keuangan hijau (green finance)," katanya.

Selain dihadiri oleh negara anggota G20, pertemuan tersebut juga dihadiri negara-negara undangan, termasuk Ukraina dan organisasi internasional dan regional.

Berikut selengkapnya isi 14 paragraf G20 Chair's Summary 3rd FMCBG di bawah Presidensi G20 Indonesia 2022:

(*Bagian satu adalah yang belum mencapai rekonsiliasi/tidak semuanya sepakat)

Bagian I

1. Banyak anggota setuju bahwa pemulihan ekonomi global telah melambat dan menghadapi kemunduran besar sebagai akibat dari perang Rusia melawan Ukraina, yang dikecam keras, dan menyerukan diakhirinya perang. Salah satu anggota menyatakan pandangan bahwa sanksi tersebut menambah tantangan yang ada. Anggota mencatat bahwa tantangan yang ada telah diperburuk, termasuk ketidaksesuaian pasokan-permintaan, gangguan pasokan, dan peningkatan harga komoditas dan energi, yang telah menambah tekanan inflasi yang meningkat dan berkontribusi pada peningkatan risiko kerawanan pangan. Banyak anggota mencatat pentingnya tindakan lanjutan terhadap perubahan iklim, serta mengatasi kerentanan utang. Beberapa anggota menyambut baik Catatan Presidensi G20 tentang Penetapan Kebijakan untuk Strategi Keluar untuk Mendukung Pemulihan dan Mengatasi Efek Bekas Luka untuk Mengamankan Pertumbuhan di Masa Depan.

2. Mayoritas anggota sepakat bahwa ada peningkatan kerawanan pangan dan energi yang mengkhawatirkan, yang dirasakan secara tidak proporsional oleh kelompok rentan. Beberapa juga menyatakan keprihatinan tentang ketersediaan pupuk yang berpotensi memperburuk krisis pangan. Anggota menegaskan komitmen mereka untuk menggunakan semua alat kebijakan yang tersedia untuk mengatasi tantangan ekonomi dan keuangan saat ini, termasuk risiko kerawanan pangan. Banyak anggota siap untuk mengambil tindakan kolektif yang cepat mengenai ketahanan pangan, termasuk dengan bekerja dengan inisiatif lain. Anggota mendukung inisiatif multilateral. Beberapa anggota meminta lembaga keuangan internasional untuk mengimplementasikan komitmen dalam Rencana Aksi untuk Mengatasi Kerawanan Pangan. Anggota juga menyambut baik Seminar Tingkat Tinggi tentang Penguatan Kolaborasi Global untuk Mengatasi Kerawanan Pangan. Para anggota sepakat untuk menjaga stabilitas keuangan dan kesinambungan fiskal jangka panjang.

Bagian II

Para Menteri dan Gubernur menyatakan dukungan penuh untuk tindakan berikut dari Agenda FMCBG G20 bersama kami, dengan mencatat berbagai pandangan tentang beberapa masalah:

3. Bank sentral G20 tetap berkomitmen kuat untuk mencapai stabilitas harga, sesuai dengan mandatnya masing-masing. Untuk itu, bank sentral memantau dengan cermat dampak tekanan harga terhadap ekspektasi inflasi dan akan terus mengkalibrasi laju pengetatan kebijakan moneter secara tepat dengan cara yang bergantung pada data dan dikomunikasikan dengan jelas, memastikan bahwa ekspektasi inflasi tetap berlabuh dengan baik, sambil tetap berhati-hati. untuk melindungi pemulihan dan membatasi limpahan lintas negara. Independensi bank sentral sangat penting untuk mencapai tujuan ini dan menopang kredibilitas kebijakan moneter. Kami menegaskan kembali pentingnya perdagangan berbasis aturan yang terbuka dan adil dan menegaskan kembali komitmen kami untuk melawan proteksionisme. Kami menegaskan kembali komitmen nilai tukar April 2021. Kami juga menegaskan kembali pentingnya koordinasi global dan menyatakan dukungan kami terhadap upaya Kepresidenan G20 Indonesia untuk mempertahankan sistem multilateralisme yang efektif melalui G20.

4. Kami menegaskan kembali komitmen kami untuk memprioritaskan tindakan kolektif dan terkoordinasi untuk mengendalikan pandemi. Kami menyambut baik pembentukan Dana Perantara Keuangan (FIF) untuk Pencegahan, Kesiapsiagaan dan Respons pandemi (PPR), sebagaimana dikembangkan oleh Gugus Tugas Keuangan-Kesehatan Gabungan G20 (JFHTF), dan diselenggarakan oleh Bank Dunia (WB). FIF akan membangun arsitektur kesehatan global yang ada untuk PPR dengan peran sentral untuk Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Ini akan membantu memastikan pembiayaan yang memadai, berkelanjutan, dan terkoordinasi dengan lebih baik untuk PPR pandemi, dan peran katalisnya akan memfasilitasi pembiayaan bersama dan mobilisasi sumber daya domestik. Kami mendorong janji keuangan kepada FIF, secara sukarela. Kami akan terus membahas tata kelola FIF yang harus mencakup peran koordinasi pusat WHO, didorong oleh G20 dan inklusif terhadap negara-negara berpenghasilan rendah dan menengah, dan mitra non-G20 tambahan; dan pengaturan operasinya, dengan tujuan meluncurkannya pada September 2022. Kami menantikan pembaruan tentang FIF pada pertemuan kami berikutnya. Kami juga mencatat kemajuan kerja JFHTF yang bertujuan untuk mengembangkan pengaturan koordinasi antara Kementerian Keuangan dan Kesehatan, termasuk dari negara-negara non-G20, sambil memastikan bahwa tidak ada duplikasi dan fragmentasi lebih lanjut dari sistem tata kelola kesehatan global, dan mempertahankan sistem tata kelola kesehatan global yang penting. peran kepemimpinan WHO, dan berharap untuk pertimbangan lebih lanjut.

5. Kami menegaskan kembali komitmen kami terhadap implementasi cepat paket pajak internasional dua pilar OECD/G20. Kami mendukung pekerjaan yang sedang berlangsung di Pilar Satu dan menyambut penyelesaian Model Aturan Model Anti-Base Erosi Global (GloBE) Pilar Dua, yang membuka jalan bagi implementasi yang konsisten di tingkat global sebagai pendekatan umum, dan kami berharap untuk penyelesaian Kerangka Implementasi Globe. Kami menyerukan OECD/G20 Inclusive Framework on Base Erosion and Profit Shifting (BEPS) untuk menyelesaikan Pilar Satu, termasuk dengan menandatangani Konvensi Multilateral pada paruh pertama tahun 2023, dan menyerukan Kerangka Inklusif untuk menyelesaikan negosiasi yang memungkinkan pengembangan Instrumen Multilateral untuk pelaksanaan Aturan Subjek Pajak (STTR) pada Pilar Dua. Kami menegaskan kembali tujuan kami untuk memperkuat agenda pajak dan pembangunan sehubungan dengan Simposium Tingkat Menteri G20 tentang Pajak dan Pembangunan, dan kami mencatat Roadmap baru G20/OECD untuk Negara Berkembang dan Pajak Internasional yang akan datang. Kami mendukung kemajuan yang dicapai dalam penerapan standar transparansi pajak yang disepakati secara internasional, termasuk upaya regional dan menyambut baik penandatanganan Deklarasi Bali Inisiatif Asia. Kami juga menyambut baik kemajuan di OECD dalam Kerangka Pelaporan untuk Aset Kripto serta amandemen Standar Pelaporan Umum dan menyerukan penyelesaiannya dengan cepat.

6. Kami menegaskan kembali komitmen kami untuk memperkuat ketahanan keuangan jangka panjang dari arsitektur keuangan internasional, termasuk mempromosikan aliran modal yang berkelanjutan, dan mengembangkan pasar modal mata uang lokal. Kami menegaskan kembali komitmen kami untuk mempertahankan Jaring Pengaman Keuangan Global yang kuat dan efektif dengan Dana Moneter Internasional (IMF) yang kuat, berbasis kuota, dan sumber daya yang memadai sebagai pusatnya. Kami tetap berkomitmen untuk meninjau kembali kecukupan kuota IMF dan akan melanjutkan proses reformasi tata kelola IMF di bawah Tinjauan Umum Kuota ke-16, termasuk formula kuota baru sebagai panduan, pada 15 Desember 2023. Kami menyambut baik Tinjauan IMF terhadap Pandangan Institusional tentang Liberalisasi dan Manajemen Arus Modal dan laporan Bank for International Settlements (BIS) tentang kerangka stabilitas keuangan makro. Kami berharap dapat melanjutkan diskusi dengan organisasi internasional lainnya mengenai standar internasional untuk menggunakan langkah-langkah pengelolaan arus modal, sambil tetap memperhatikan tujuan awal mereka, dan menyambut pekerjaan lanjutan dalam operasionalisasi Kerangka Kebijakan Terpadu. Kami menyambut diskusi lanjutan tentang Mata Uang Digital Bank Sentral (CBDC), karena ini mungkin dirancang untuk memfasilitasi pembayaran lintas batas sambil menjaga stabilitas sistem moneter dan keuangan internasional. Kami menantikan G20 Techsprint 2022, sebuah inisiatif bersama dengan BIS Innovation Hub, yang akan berkontribusi pada perdebatan tentang solusi paling praktis dan layak untuk menerapkan CBDC.

7. Kami terus mendukung semua negara yang rentan untuk memastikan bahwa kita semua akan pulih bersama, pulih lebih kuat. Kami menyambut janji sebesar USD 73 miliar melalui penyaluran sukarela Hak Penarikan Khusus (SDR) atau kontribusi yang setara, dan menyerukan janji lebih lanjut dari semua negara yang bersedia dan mampu untuk memenuhi total ambisi global sebesar USD 100 miliar kontribusi sukarela untuk negara-negara yang paling sedang membutuhkan. Kami menyambut baik pembentukan Resilience and Sustainability Trust (RST) dan meminta IMF, dengan dukungan dari para anggotanya, untuk memastikan operasionalisasi penuhnya pada Pertemuan Tahunan 2022 untuk membantu negara-negara berpenghasilan rendah, negara-negara kecil yang memenuhi syarat, dan berpenghasilan menengah yang rentan. negara-negara mengatasi tantangan struktural jangka panjang yang menimbulkan risiko makroekonomi, termasuk yang berasal dari pandemi dan perubahan iklim. Kami menyambut janji untuk kontribusi sukarela kepada RST dan meminta kontribusi lebih lanjut untuk itu dan untuk Pengurangan Kemiskinan dan Pertumbuhan Trust (PRGT) untuk memastikan kumpulan kontributor yang luas untuk memenuhi kebutuhan pendanaan. Kami tetap terbuka untuk mengeksplorasi opsi yang layak bagi negara-negara untuk secara sukarela menyalurkan SDR melalui Bank Pembangunan Multilateral (MDB), sambil menghormati kerangka hukum nasional dan kebutuhan untuk mempertahankan status aset cadangan SDR. Kami akan terus mencari cara, termasuk melalui langkah-langkah pengoptimalan neraca dan jalan potensial lainnya, untuk memaksimalkan dampak pembangunan MDB. Kami menyambut baik laporan dari Independent Review on MDBs’ Capital Adequacy Frameworks (CAF).

Kami menantikan diskusi lebih lanjut mengenai rekomendasinya yang dapat membuka sejumlah besar pembiayaan pembangunan sambil mempertahankan status kreditur pilihan MDB. Kami menegaskan kembali komitmen kami untuk meningkatkan upaya kami untuk menerapkan Kerangka Kerja Umum untuk Perlakuan Utang di luar DSSI secara tepat waktu, tertib dan terkoordinasi, dan menyambut kemajuan dalam hal ini, termasuk pertemuan pertama komite kreditur untuk Zambia. Kami menantikan penyediaan jaminan pembiayaan untuk Zambia, dan mendorong penyelesaian tepat waktu dari perawatan utang untuk Chad dan Ethiopia. Kami mencatat situasi utang yang memburuk di beberapa negara berpenghasilan menengah yang rentan, dan kami menyambut baik koordinasi multilateral yang melibatkan semua kreditur bilateral untuk mengambil tindakan cepat guna menanggapi permintaan negara-negara berpenghasilan menengah untuk penanganan utang. Kami menekankan pentingnya kreditur swasta dan kreditur bilateral resmi lainnya untuk berkomitmen memberikan perlakuan utang dengan persyaratan yang paling tidak menguntungkan untuk memastikan pembagian beban yang adil sejalan dengan prinsip komparatif perlakuan. Kami menegaskan pentingnya upaya bersama oleh semua aktor, termasuk kreditur swasta, untuk terus berupaya meningkatkan transparansi utang, dan kami terus mendorong semua pemberi pinjaman sektor swasta untuk menyumbangkan data ke Institute of International Finance (IIF)/Portal Repositori Data OECD bersama .

8. Kami menegaskan kembali komitmen kami untuk merevitalisasi investasi infrastruktur dengan cara yang berkelanjutan, inklusif, mudah diakses, dan terjangkau. Menindaklanjuti acara tahun-tahun sebelumnya, Dialog Investor Infrastruktur G20 2022 menyoroti pentingnya kolaborasi sektor publik-swasta, dan kami menantikan dokumen hasilnya. Kami menyambut baik kemajuan dalam mengembangkan kerangka kerja untuk memanfaatkan partisipasi sektor swasta dengan sebaik-baiknya guna meningkatkan investasi infrastruktur berkelanjutan, yang akan melengkapi investasi dari sumber lain, termasuk investasi publik dan pembiayaan yang disediakan oleh MDB, dan dalam mengembangkan perangkat kebijakan untuk memobilisasi mekanisme pembiayaan guna meningkatkan investasi infrastruktur di kota dan daerah. Kami mendukung Cetak Biru G20 untuk meningkatkan Pembiayaan dan Pengembangan InfraTech. Kami menantikan ringkasan studi kasus tentang pembiayaan pembangunan infrastruktur digital dan menyambut kemajuan dalam memajukan InfraTracker 2.0 untuk menggambarkan tren investasi infrastruktur publik. Kami mendukung Indikator Ringkasan Investasi Infrastruktur Berkualitas (QII) dan catatan panduan terkait, yang dikembangkan untuk G20, yang bersifat sukarela dan tidak mengikat serta mempertimbangkan keadaan negara. Kami mencatat pembaruan pada opsi untuk masa depan Hub Infrastruktur Global dan berharap untuk menyelesaikan masa depan jangka panjangnya pada Oktober 2022.

9. Komitmen kami untuk mengatasi tantangan global yang mendesak seperti perubahan iklim dan perlindungan lingkungan, termasuk hilangnya keanekaragaman hayati, tetap penting untuk mencapai ekonomi dan masyarakat yang lebih hijau, lebih sejahtera, dan inklusif. Dalam rangka memperkuat upaya global untuk mencapai tujuan Konvensi Kerangka Kerja PBB tentang Perubahan Iklim (UNFCCC) dan Perjanjian Paris, serta melaksanakan komitmen COP26 kami, kami menegaskan kembali bahwa bauran kebijakan kami menuju netralitas karbon dan nol bersih harus mencakup a berbagai mekanisme fiskal, pasar dan peraturan, termasuk jika sesuai, penggunaan mekanisme dan insentif penetapan harga karbon, dan menghapus secara bertahap dan merasionalisasi, dalam jangka menengah, subsidi bahan bakar fosil yang tidak efisien yang mendorong konsumsi yang boros dan berkomitmen untuk tujuan ini, sambil memberikan dukungan yang ditargetkan kepada yang termiskin dan paling rentan, dan sesuai dengan keadaan nasional. Kami terus mengingat dan menegaskan kembali komitmen yang dibuat oleh negara-negara maju, untuk tujuan memobilisasi pendanaan iklim bersama sebesar USD 100 miliar per tahun pada tahun 2020 dan setiap tahun hingga tahun 2025 untuk memenuhi kebutuhan negara-negara berkembang, dalam konteks aksi mitigasi dan transparansi yang berarti. pada implementasi, dan kami menekankan pentingnya memenuhi tujuan tersebut sesegera mungkin.

10. Kami memperkuat komitmen kami untuk mendukung transisi yang tertib, adil dan terjangkau untuk mencapai tujuan Agenda 2030 untuk Pembangunan Berkelanjutan sejalan dengan UNFCCC dan Perjanjian Paris. Kami memuji kemajuan yang dibuat untuk mengatasi Peta Jalan Keuangan Berkelanjutan G20, yang bersifat fleksibel dan sukarela, yang akan diilustrasikan di dasbor repositori online. Kami menyerukan upaya lebih lanjut di seluruh G20, organisasi internasional, jaringan dan inisiatif internasional lainnya, dan sektor swasta, untuk mengatasi tindakan yang diidentifikasi dalam Peta Jalan, dan menyambut masukan sukarela dari anggota untuk menyoroti kemajuan tingkat negara. Kami menyambut baik kemajuan dalam mengembangkan kerangka keuangan transisi, meningkatkan kredibilitas komitmen net-zero lembaga keuangan, meningkatkan aksesibilitas dan keterjangkauan keuangan berkelanjutan, dan mendiskusikan pengungkit kebijakan yang mendorong pembiayaan dan investasi yang mendukung transisi. Kami menantikan Laporan Keuangan Berkelanjutan G20 akhir pada Oktober 2022. Kami mencatat diskusi Forum Kepresidenan tentang Forum Pengungkit Kebijakan Internasional untuk Investasi Berkelanjutan dan Meja Bundar Keuangan Berkelanjutan G20 untuk Transisi Iklim dan menantikan dokumen hasil Meja Bundar. Kami menyambut baik peran sektor swasta yang semakin meningkat dalam mempercepat transisi menuju net-zero dan diskusi tentang Meja Bundar Sektor Swasta Keuangan Berkelanjutan G20.

11. Dalam menghadapi prospek ekonomi dan keuangan global yang lebih menantang, kami menggarisbawahi perlunya memperkuat ketahanan sistem keuangan global dan meminta Financial Stability Board (FSB) untuk mengintensifkan pemantauannya. Kami berkomitmen untuk mempertahankan stabilitas keuangan global, termasuk melalui koordinasi berkelanjutan dari langkah-langkah kebijakan dan penerapan standar internasional. Kami menyambut baik Laporan Interim FSB tentang strategi keluar dari sektor keuangan dan efek jaringan parut dari COVID-19 dan menantikan pertimbangan kebijakan laporan akhir sebelum KTT Pemimpin pada bulan November. Kami sangat mendukung tindakan kebijakan global untuk meningkatkan ketahanan terhadap limpahan lintas batas, termasuk dengan mengatasi kerentanan struktural dalam intermediasi keuangan non-bank (NBFI) dari perspektif sistemik, dan kami menantikan laporan FSB dengan proposal kebijakan untuk mengatasi risiko sistemik di NBFI pada bulan Oktober. Kami mendukung pelaksanaan Roadmap terbaru FSB untuk mengatasi risiko keuangan terkait iklim yang melengkapi Roadmap Keuangan Berkelanjutan G20. Data yang konsisten secara global diperlukan untuk menangani risiko keuangan terkait iklim secara efektif. Kami menantikan finalisasi standar oleh International Sustainability Standards Board (ISSB) untuk pengungkapan keuangan terkait iklim yang konsisten, sebanding, dan andal secara global.

12. Kami menyambut baik pekerjaan FSB yang sedang berlangsung untuk memastikan bahwa aset kripto, termasuk yang disebut stablecoin, tunduk pada regulasi dan pengawasan yang ketat. Kami mendukung upaya FSB untuk membangun kesadaran publik akan risiko dan komunikasi publiknya yang menekankan pentingnya penerapan prinsip 'aktivitas yang sama, risiko yang sama, regulasi yang sama', dalam rangka memperkuat hasil regulasi dan mendukung level playing field, sambil memanfaatkan manfaat inovasi. Kami mendukung implementasi lanjutan dari Peta Jalan G20 untuk Meningkatkan Pembayaran Lintas Batas, termasuk penyampaian perkiraan awal untuk indikator kinerja utama di masa mendatang dan Laporan Kemajuan 2022 yang akan menetapkan prioritas untuk tahap pekerjaan berikutnya. Kami menyambut baik laporan BIS Committee on Payments and Market Infrastructures (CPMI) tentang sistem pembayaran yang saling terkait dan peran antarmuka pemrograman aplikasi, serta laporan bersama oleh CPMI, BIS Innovation Hub, IMF, dan WB tentang opsi akses dan interoperabilitas CBDC untuk pembayaran lintas batas. Kami menyambut baik penyelesaian tahap kedua Inisiatif Kesenjangan Data (DGI-2) dan akan terus mengatasi tantangan yang tersisa yang teridentifikasi. Kami terus mengembangkan rencana kerja pada Data Gaps Initiative (DGI) yang baru. Kami meminta IMF, FSB dan Inter-Agency Group on Economic and Financial Statistics (IAG), dalam konsultasi erat dengan negara-negara yang berpartisipasi, untuk mengembangkan rencana kerja yang lebih baik, dengan mempertimbangkan keadaan negara. Kami menyambut baik laporan kedua tentang tinjauan Prinsip Tata Kelola Perusahaan G20/OECD.

13. Pandemi telah memperlebar ketimpangan bagi kelompok yang paling rentan dan kurang terlayani secara finansial terutama perempuan, pemuda, dan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Kami menyambut baik kemajuan yang dibuat oleh Kemitraan Global untuk Inklusi Keuangan (GPFI) dan menantikan finalisasi Kerangka Inklusi Keuangan G20 tentang Memanfaatkan Manfaat Digitalisasi, dengan tujuan meningkatkan produktivitas dan mendorong ekonomi yang berkelanjutan dan inklusif untuk kelompok yang kurang terlayani dipandu oleh Rencana Aksi Inklusi Keuangan G20 2020. Kerangka kerja ini akan dibangun di atas Panduan Implementasi Praktis untuk Prinsip Tingkat Tinggi G20 untuk Inklusi Keuangan Digital, database hidup yang terkait dengan produk dan layanan keuangan digital dan inovatif untuk UMKM di luar kredit, dan perangkat diagnostik peraturan untuk akses UMKM ke layanan keuangan digital . Untuk mengatasi digitalisasi dan perkembangan keuangan berkelanjutan, serta mendukung inklusi dan kesejahteraan keuangan, kami mendukung Prinsip Tingkat Tinggi G20/OECD tentang Perlindungan Konsumen Keuangan dan menyambut Prinsip Tingkat Tinggi G20/OECD tentang Pembiayaan UKM yang diperbarui.

14. Kami menyadari kebutuhan masyarakat internasional untuk meningkatkan upaya mereka memerangi pencucian uang (TPPU), pendanaan teroris (TF) dan pembiayaan proliferasi (PF) secara efektif. Kami menegaskan kembali komitmen kami untuk meningkatkan kapasitas Satuan Tugas Aksi Keuangan (FATF) dan badan-badan regionalnya untuk memimpin aksi global dalam menanggapi ancaman ini. Kami mendukung penerapan standar FATF yang efektif, termasuk pada aset virtual, khususnya “aturan perjalanan”, dan transparansi kepemilikan manfaat, dan mengakui peran mereka dalam memerangi korupsi besar dan sistemik serta kejahatan lingkungan, yang berdampak serius pada ekonomi dan masyarakat.

Para Menteri dan Gubernur berharap dapat melanjutkan dialog mereka dalam Pertemuan Menteri Keuangan dan Gubernur Bank Sentral G20 Keempat pada Oktober 2022 di Washington DC, AS.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya