BTN Raih Penghargaan Internasional karena Ini

BTN.
Sumber :
  • Dokumentasi BTN.

VIVA Bisnis – PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BTN) meraih penghargaan Best Asia’s Transformation Bank di ajang Euromoney Awards of Excellence 2022. Euromoney adalah Majalah ekonomi ternama di Eropa.

Beli Properti Bisa untuk Rumah Tinggal Sekaligus Investasi Jangka Panjang

Penghargaan itu diberikan karena BTN dinilai telah menjalani transformasinya dengan baik dan fokus pada perluasan bisnis berbasis ekosistem perumahan.

Sebagai bank yang fokus pada perumahan di Indonesia, BTN bertindak sebagai akselerator Program Sejuta Rumah yang diinisiasi Pemerintah sejak tahun 2015. Saat ini penyaluran KPR mencapai 89 persen dari portofolio kredit BTN.

Lalui Seleksi Ketat, 63 Reksa Dana Sabet Penghargaan Best Mutual Fund Awards 2024

Menanggapi hal tersebut, Direktur Utama Bank BTN Haru Koesmahargyo mengatakan apresiasinya. Penghargaan tersebut tidak akan diraih tanpa kerja keras seluruh pegawai BTN dan dukungan dari Pemerintah serta para stakeholder lainnya.

“Apa yang kami jalankan dalam beberapa tahun terakhir masih on track dalam misi kami menjadi Best Mortgage Bank dan kami terus menerus melakukan inovasi, beradaptasi dengan dinamika bisnis perbankan maupun properti untuk memberikan layanan terbaik baik masyarakat,” ujar Haru dikutip dari keterangannya, Minggu, 17 Juli 2022.

Ekonomi Digital di ASEAN Meningkat, HSBC Luncurkan Growth Fund Rp15,8 Triliun

Euromoney menjabarkan, BTN dinilai pada posisi yang tepat untuk menjadi mitra Pemerintah dalam mengurangi backlog perumahan, meski peran tersebut sempat terhambat oleh COVID-19.

Direktur Utara BTN Haru Koesmahargyo.

Photo :
  • istimewa

Selain itu, Euromoney mengapresiasi BTN yang telah mencanangkan program transformasi dengan visi menjadi Best Mortgage Bank di Asia Tenggara pada tahun 2025. Diketahui, BTN menjalankan setidaknya lima hal yaitu repricing dana pihak ketiga dengan melakukan rekomposisi pendanaan yang lebih fokus ke dana murah, pengembangan produk tabungan baru. 

Kemudian mengembangkan pinjaman untuk segmen milenial mengembangkan bisnis di sepanjang rantai pasok perumahan. Serta, membangun ekosistem digital mortgage dan membangun sentralisasi proses operasional serta memperkuat permodalan.

Euromoney menggarisbawahi beberapa langkah transformasi yang dijalani BTN telah menunjukkan hasil. Di antaranya produk Tabungan BTN Investa dan Tabungan BTN Bisnis yang baru diluncurkan dapat membantu mengurangi biaya dana mahal. 

Selain itu, sebut Euromoney, model operasional kantor cabang telah diubah untuk lebih berorientasi pada peningkatan jumlah simpanan dan fokus pada emerging affluent. Hal tersebut sudah terlihat pada peningkatan rekening giro dan tabungan, yang tumbuh (dari basis rendah) sebesar 21,5 persen secara tahunan.

“Masih banyak yang harus dilakukan, namun upaya Bank BTN yang dipimpin oleh Direktur Utama Haru Koesmahargyo patut diapresiasi tahun ini,” jelas Editor Euromoney dalam ulasan Best Asia’s Transformation Bank 2022.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya