Cek Harga Pangan di Pasar Jagasatru Cirebon, Mendag Zulhas Temukan Ini

Mendag Zulhas sidak ke pasar di Cirebon.
Sumber :
  • Dokumentasi Kemendag.

VIVA Bisnis – Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan melakukan kunjungan kerja ke Kota Cirebon, Jawa Barat, hari ini. Dia memastikan kebijakan yang stabilisasi harga pangan oleh Pemerintah berjalan dengan baik.

Ogah Bawel soal Jatah Menteri PAN, Zulhas Pasrah ke Prabowo

Selain terkait harga, dalam kesempatan itu di Pasar Jagasatru, Kota Cirebon, Zulhas pun memantau ketersediaan kebutuhan pokok.

"Harga cabai berapa, minyak berapa, naik apa turun kelihatan, jadi apa adanya," kata Mendag Zulhas saat sidak di Pasar Jagasatru, Kota Cirebon, dikutip dari keteranganya, Minggu, 17 Juli 2022.

Dianggap Bukan Lagi Kader PDIP, Zulhas: Rumah Pak Jokowi dan Gibran Namanya PAN

Mendag Zulhas sidak ke pasar.

Photo :
  • istimewa.

Zulhas pun berdialog dengan sejumlah pedagang, mulai dari sayur-sayuran, pedagang cabai, bawang, kelontong, pedagang sapi, dan beberapa lainnya.

Ribuan Produk Kerajinan RI Bakal Banjiri Pasar Kanada

Cabai merah yang sempat dijual Rp100 ribu per kilogram, kini sudah Rp40 ribu per kilogram. Selanjutnya bawang merah dari harga Rp60 ribu kini menjadi Rp42 ribu per kilogram.

Zulhas mengaku tidak mau menyimpulkan hasil kunjungan kerjanya. karena semua harus sesuai dengan kondisi di lapangan.

"Jangan dari saya, yang ada di lapangan ditulis, ikut tadi kan, itu yang ditulis," beber ketua umum PAN tersebut.

Dalam kegiatan itu, dia juga meninjau titik penjualan minyak goreng curah rakyat serta minyak goreng kemasan rakyat. Harga minyak curah di kios yang dihampiri sudah sesuai dengan harga eceran tertinggi (HET) yaitu Rp14 ribu per liter. 

Bahkan, Zulhas mengatakan, ada pedagang yang menjual migor dengan harga Rp13 ribu per liter.

Selain ke pasar, Zulhas pun berdialog dengan para petani Bawang di Balai Desa Tersana, Balagedog, Kabupaten Cirebon. Kemudian, dia melakukan nadran atau sedekah laut dengan para nelayan yang berada di Balai Desa Citemu, Mundu, Cirebon. 

Setelahnya, Zulhas berdiskusi dengan Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan), Kelompok Tani Nelayan Andalan (KTNA), Pangkalan Elpiji, Keluarga  Alumni Gadjah Mada, dan Santripreneur Indonesia. 

Kemudian, Kelompok UMKM Binaan Dinas Indag dan Dinas Koperasi dan UMKM Kabupatan Cirebon, Kelompok Tani Jagung Manis Kabupaten Cirebon hingga Kelompok Pengrajin Roti Kabupaten Cirebon.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya