Cerita Pedagang Kerak Telor di PRJ Raup Omzet Puluhan Juta

Kerak Telor Betawi
Sumber :
  • VIVAnews/Fernando Randy

VIVA Bisnis – Penjual kerak telor Mpok Yani mengaku mendapatkan penghasilan puluhan juta rupiah dari hasil berjualan makanan khas Betawi tersebut di Pekan Raya Jakarta (PRJ) 2022 yang dilaksanakan sejak 9 Juni 2022 hingga Minggu, 17 Juli 2022.

Kemenag Mulai Lakukan Proses Penerjemahan Al-Qur'an ke dalam Bahasa Betawi

Warga Tegal Parang, Jakarta Selatan itu mengaku untung berjualan di JIExpo Kemayoran dengan mengerahkan 15 gerobak kerak telor di dalam dan di luar area.

Mpok Yani juga menyampaikan dirinya mengkoordinir semua pedagang makanan khas Betawi tersebut yang jumlahnya mencapai 60 orang.

Aktor Berdarah Betawi Main di Series Avatar: The Last Airbender

"Untuk gerobak pribadi saya ada di area Hall C, D dan E masing-masing ada tiga sampai lima gerobak dan sisanya ada di luar PRJ. Saya juga koordinator untuk semua pedagang di PRJ jadi total seluruh pedagang kerak telor di sini sebanyak 60 gerobak," sebut penjual kerak telor Mpok Yani dikutip Pemprov DKI, Senin, 18 Juli 2022

Mpok Yani menambahkan, setiap harinya satu gerobak minimal menjual kerak telor 10 bungkus dan terbanyak mencapai 100 bungkus. Ia menjual kerak telor ayam dan bebek. Untuk kerak telor ayam dibanderol seharga Rp 25 ribu dan Rp 30 ribu untuk kerak telor bebek.

Lestarikan Budaya Betawi, Universitas Atma Jaya Gelar Pentas Lenong

"Alhamdulillah berkah, pengunjung tahun ini lebih ramai dibanding tahun 2019. Mungkin karena sudah dua tahun vakum dan antusias warga semakin tinggi. Kami, bisa merasakan perbedaannya, sekitar 60 persen perbedaan berdagang di PRJ dengan event lainnya," ucapnya.

Kerak telor, salah satu makanan khas Betawi

Photo :
  • VIVA.co.id/Diza Liane Sahputri

Selama PRJ berlangsung, Mpok Yani meraih omzet harian Rp4 hingga Rp6 juta. Apabila ditotal selama 40 hari dengan total 15 gerobak pribadi, ia dapat mencapai omzet bersih sekitar Rp60-80 juta.

"Kami para pedagang berharap PRJ tiap tahun bisa terus diselenggarakan, karena ini juga untuk meningkatkan perekonomian di Indonesia, khususnya Jakarta," ungkapnya.

Sebelumnya, Acara penutupan JFK 2022 dihadiri oleh beberapa pihak, salah satunya adalah Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria. Dalam sambutannya di atas panggung, Ahmad Riza Patria memberi apresiasi kepada semua pihak yang berada di balik suksesnya penyelenggaraan Jakarta Fair 2022.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya