Menhub Ajak Investor Ikut Kembangkan Bandara Komodo

Desain terminal baru Bandara Komodo.
Desain terminal baru Bandara Komodo.
Sumber :
  • Raden Jihad Akbar/VIVA.

VIVA Bisnis – Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi menegaskan, pemerintah masih membuka tangan lebar-lebar bagi siapapun investor yang berminat ikut mengembangkan Bandara Komodo. Meskipun, saat ini bandara yang ada di Pulau Flores tersebut sudah diperluas.

Budi pun mengakui perluasan yang baru saja dilakukan oleh pemerintah masih merogoh kocek APBN. Karena itu, peran swasta menurutnya masih sangat dibutuhkan, untuk mengembangkan Bandara Komodo lebih baik dan kompetitif.

"Pengembangan ini memang masih menggunakan APBN. Tentu kita mengharapkan investor lain untuk mengembangkan, agar bandara ini menjadi lebih baik dan lebih kompetitif," kata Budi Karya dalam telekonferensi, Kamis 21 Juli 2022.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.

Photo :
  • VIVA/Mohammad Yudha Prasetya

Pada sambutannya di acara peresmian perluasan Bandar Udara Komodo di Labuan Bajo itu, Menhub tak lupa mengucapkan rasa terima kasih kepada Pemerintah Provinsi Manggarai Barat, Flores, Nusa Tenggara Timur (NTT).

"Dan juga rekan-rekan masyarakat yang telah menyediakan tanah, karena ada beberapa tanah yang harus dibebaskan untuk perluasan bandara ini," ujarnya.

Dalam kesempatan itu, dia juga bersyukur dengan terciptanya sinergi antar tokoh masyarakat, yang sudah dilakukan dengan sangat baik sekali. "Dan program ini tidak akan terjadi apabila kolaborasi itu sendiri tidak terjadi," kata Budi.

Menhub juga berterima kasih kepada Presiden Jokowi, yang selalu mendorong semua Kementerian/Lembaga terkait untuk ikut berpatisipasi dalam mendukung penciptaan '10 Bali Baru' guna mendongkrak pariwisata nasional.

Diharapkan, nantinya peningkatan di sektor pariwisata itu juga akan ikut membantu membuka lapangan kerja dan menyerap para tenaga kerja Indonesia serta berkontribusi pada perekonomian nasional.

"Kami memberikan apresiasi dan terima kasih kepada Bapak Presiden, yang tidak henti-hentinya mengingatkan kami untuk memberikan dukungan kepada 10 destinasi wisata. Yang InsyaAllah bisa memberikan kesempatan bekerja kepada banyak masyarakat," ujarnya.