Jubir: Wapres Tak Bisa Putuskan Donggi-Senoro

Boediono dan juru bicara Wakil Presiden Yopie Hidayat
Sumber :
  • Antara/ Saptono

VIVAnews - Pemerintah mengatakan akan segera membuat keputusan mengenai ladang gas Donggi-Senoro, Sulawesi Tengah. Keputusan akan dibuat setelah Wakil Presiden mendapat gambaran tentang neraca gas nasional yang lebih komprehensif dari Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral, Darwin Zahedi Saleh.

Juru bicara Wakil Presiden Boediono, Yopie Hidayat mengatakan, Wapres tidak bisa membuat keputusan tentang Donggi-Senoro. Namun, Wapres bertugas menjadi katalisator keputusan Donggi-Senoro.

"Tidak ada dalam sistem (politik) kita yang namanya Keputusan Wapres atau SK Wapres," kata Yopie di Istana Wapres, 10 Mei 2010. "Wapres dalam hal ini bertugas merumuskan, membantu, menjadi katalisator, mengkoordinasi untuk pembuatan keputusan itu."

Pemerintah, menurut Yopie, akan melihat aturan apa yang akan ditetapkan untuk Donggi-Senoro. Sehingga, keputusan itu bisa dalam bentuk Peraturan Menteri ataupun Keputusan Presiden.

"Kita lihat nanti, apakah magnitude-nya perlu diputuskan secara bersama-sama dalam sebuah sidang kabinet atau cukup diputuskan di tingkat kementerian. Itu tentu saja tergantung pada hasil kajian," ujarnya.

Yopie mengungkapkan ada kemungkinan keputusan Donggi-Senoro diputuskan pada bulan ini. "Secepat mungkin, sangat mungkin Mei ini," tutur Yopie.

Tapi, kemungkinan besar keputusan Donggi-Senoro dilakukan setelah neraca gas nasional yang komprehensif sudah dibuat secara final. 

Viral! Sopir Bus MGI Cekcok dengan Pengemudi Mobil di Tol Bocimi: Bapak Gua Tentara

"Karena Wapres ingin lihat kerangka ini supaya tidak memutuskan sesuatu hanya berdasarkan lapangan per lapangan. Tidak mungkin memutuskan sebuah kebijakan hanya melihat gambaran kecilnya saja," ujar Yopie.

Sebelumnya, Dirjen Migas Evita Legowo mengatakan keputusan soal proyek Donggi-Senoro menunggu keputusan Wakil Presiden. Saat ini karena putusan berlarut-larut, tiga calon pembeli dari luar negeri mengancam akan membatalkan rencana pembelian tersebut. (hs)

Jakarta Poised to Become Global Trade Hub with New Law
Ilustrasi garis polisi.

Wanita Hamil Tewas di Ruko Kelapa Gading Dipaksa Aborsi oleh Kekasih Gelapnya

Pelaku tak mau bertanggung jawab atas kehamilan korban.

img_title
VIVA.co.id
22 April 2024