RUPST Bakrieland Angkat 2 Direksi Baru, Ini Profilnya

VIVA Bisnis: RUPST PT Bakrieland Development Tbk.
Sumber :
  • istimewa

VIVA Bisnis – Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) PT Bakrieland Development Tbk (ELTY) melaporkan, sepanjang 2020 perseroan berhasil membukukan pendapatan sebesar Rp616 miliar. 

Astra International Cetak Laba Bersih Rp 7,46 Triliun di Kuartal I-2024

Corporate Secretary Bakrieland Development, Harsya Novwan menjelaskan, pendapatan tersebut terdiri dari pendapatan berulang sebesar Rp527 miliar atau 86 persen.

"Dan pendapatan tidak berulang sebesar Rp89 miliar atau 14 persen dari total pendapatan perseroan," kata Harsya dalam keterangannya, Kamis 21 Juli 2022.

XL Axiata Raup Laba Bersih Rp 547 Miliar di Q1-2024

Baca juga: Update COVID-19 Nasional 21 Juli 2022: Positif Tambah 5.410 Kasus

Dia menambahkan, secara umum, kinerja perseroan sangat terdampak oleh pandemi COVID-19, terutama sektor pendapatan berulang yang dipengaruhi oleh penutupan sementara/pembatasan jam operasional. 

Sri Mulyani Ungkap APBN Surplus Rp 8,1 Triliun hingga Maret 2024

Terdapat penurunan jumlah pengunjung berkisar 40-90 persen untuk taman hiburan dan area ritel perseroan, antara lain The Jungle Waterpark, JungleLand Adventure Theme Park, dan Mal Plaza Festival.

Tingkat okupansi sejumlah hotel Kelompok Usaha di Jakarta, Bogor, Yogyakarta, dan Lampung, juga menurun sekitar 18-58 persen. Hal itu dikarenakan berkurangnya aktivitas masyarakat, dan anjuran oleh pemerintah untuk membatasi mobilitas.

JungleLand

Photo :
  • VIVA/ Muhammad AR/ Bogor

Selain itu, RUPST juga menyetujui perubahan dan/atau pengangkatan kembali anggota Direksi dan Dewan Komisaris. Tercatat, ada dua nama baru di jajaran Direksi, yakni Fandrizal dan Djafarullah yang sama-sama menjabat sebagai Direksi Perseroan. Sehingga, dengan berakhirnya periode jabatan anggota Direksi dan Dewan Komisaris, maka RUPST menyetujui perubahan susunan Direksi dan Dewan Komisaris sebagai berikut : 

  • Presiden Komisaris: Bambang Irawan Hendradi
  • Komisaris: Armansyah Yamin
  • Komisaris Independen: Kanaka Puradiredja
  • Presiden Direktur: Ambono Janurianto
  • Direktur: Fandrizal
  • Direktur: Djafarullah

Sebagai Direksi Baru, Fandrizal diketahui lahir di Kuantan Taluk pada 24 April 1969. Dia menempuh pendidikan Strata 1 di Fakultas Ekonomi Jurusan Akuntansi Universitas Indonesia, dan meraih gelar Sarjana pada tahun 1995. 

Saat ini beliau menjabat sebagai Direktur Utama PT Bakrie Pesona Rasuna sejak Mei 2016. Fandrizal bergabung dengan Perseroan sejak Februari 2003 sebagai Chief Financial Officer di PT Bakrie Nirwana Resort. Pada September 2004 hingga April 2011, Fandrizal menjabat sebagai Chief Financial Officer di Anak Perusahaan Perseroan, yakni di PT Bakrie Swasakti Utama.

Lalu, pada April 2011, beliau berperan sebagai Direktur di PT Bakrie Pangripta Loka hingga April 2016. Dimana sejak Mei 2016, akhirnya beliau menjabat Direktur Utama di PT Bakrie Pangripta Loka. 

Sebelum bergabung Perseroan, beliau pernah berkarir sebagai auditor di Accounting Firm Prasetio, Utama & Co (Arthur Andersen) pada Februari 1995 hingga Februari 2003, dengan posisi terakhir sebagai Audit Manager. 

The Jungle Waterpark

Photo :
  • thejungleadventure.com

Selanjutnya ada Djafarullah, yang juga menempati posisi baru sebagai Direktur. Pria kelahiran 14 Juni 1975 ini menempuh pendidikan Strata 1 di Fakultas Teknik Jurusan Teknik Sipil Universitas Indonesia, dan meraih gelar Sarjana pada 1999. 

Kemudian, beliau melanjutkan pendidikan Pascasarjana di Fakultas Ekonomi Jurusan Keuangan, di Prasetiya Mulya Business School dan meraih gelarnya pada 2014. Saat ini, beliau menjabat sebagai Direktur di Anak Perusahaan Perseroan, yakni PT Bakrie Swasakti Utama sejak Juni 2018.

Djafarullah bergabung dengan perseroan sejak Maret 2004 sebagai Business Development and Permit Manager di PT Bakrie Swasakti Utama. Pada Maret 2008 hingga Desember 2015, Dia menjabat sebagai Project Director di KSO Perum Perumnas & Perseroan. 

Selain itu, beliau menjabat sebagai Director of Development di PT Bakrie Pangripta Loka mulai Januari 2010 hingga Juni 2018. Di Januari 2016 hingga Mei 2017, beliau juga mendapatkan penugasan di PT Graha Andrasentra Propertindo Tbk, yang merupakan anak usaha perseroan, sebagai Deputy Director of Development.

Pada Juni 2018 hingga sekarang, akhirnya beliau menjabat sebagai Direktur di PT Bakrie Swasakti Utama. Sebelum bergabung perseroan, beliau pernah berkarir di PT Daya Hanuraga Synergy pada Juni 2001 hingga Februari 2004, dengan posisi terakhir sebagai Project Coordinator.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya