Jokowi Resmikan Penataan Kawasan Labuan Bajo: Sekarang Sudah Cantik

VIVA Bisnis: Presiden Jokowi meresmikan Kawasan Labuan Bajo di Pantai Marina.
Sumber :
  • Biro Pres dan Media Istana Kepresidenan.

VIVA Bisnis – Presiden Jokowi meresmikan penataan Kawasan Marina Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT). Dalam peresmian, Jokowi juga menitipkan pesan kepada masyarakat agar kelestarian Kawasan Marina Labuan Bajo tetap terjaga.

Kata Istana soal Kabar Jokowi Bakal Anugerahkan Satyalencana ke Gibran dan Bobby

Dalam pidatonya, Jokowi disambut hangat oleh para masyarakat sekitar. Presiden juga menyampaikan kawasan Labuan Bajo sudah lebih baik dari sebelumnya. 

"Hari ini kita melihat Labuan Bajo sudah semakin maju. Sudah berubah atau belum? Semakin cantik atau belum?," kata Jokowi saat peresmian Kawasan Labuan Bajo dikutip dari Youtube Setpres, di NTT, Kamis 21 Juli 2022.

Prabowo dan Gibran Bakal Temui Jokowi Nanti Malam

Baca juga: Alasan Kapolri Nonaktifkan Karo Paminal Divpropam dan Kapolres Jaksel

Jokowi sedikit mengenang pertama kali dia berkunjung ke Kawasan Marina Labuan Bajo pada 2015. Saat itu, kata dia, kawasan tersebut sangat kumuh dan kotor. Kini Kawasan Marina Labuan Bajo pun berubah.

Sri Agustin, Nasabah Mekaar yang Dipuji Jokowi Berbagi Tips Eksis Jalani Usaha Sambel

"Kita melihat sekarang ini di Marina Labuan Bajo betul-betul sudah berubah. Saya ingat ke sini 2015, ini adalah kawasan Labuan yang lama sangat kumuh dan harga sangat kotor. Bener nggak? Sekarang digeser pelabuhannya kira-kira 15 kilo dari sini dan sekarang di sini dilakukan penataan yang hasilnya sudah kita lihat bersama," ujar Jokowi.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu juga menitip pesan kepada masyarakat agar senantiasa menjaga dan melestarikan kawasan Labuan Bajo. Selain itu, dia juga meminta kepada masyarakat bersikap ramah kepada wisatawan yang datang. 

"Pertama ramah terhadap wisatawan ini penting sekali. Yang kedua jangan buang sampah sembarangan. Karena sekarang Labuan Bajo sudah bersih dan sudah cantik," ucap Jokowi. 

Presiden Joko Widodo resmikan Kawasan Labuan Bajo.

Photo :
  • Satria Zulfikar/VIVA.

"Jangan membuang sampah sembarangan. Setiap bulan kerja bakti, bersih-bersih, agar kawasan ini terus terpelihara dengan baik dan semakin cantik dari hari ke hari. Karena kita ini masih memiliki pekerjaan membangun jalan, memperlebar jalan agar tujuan akhir dari penataan seluruh kawasan yang ada adalah kesejahteraan masyarakat di NTT, khususnya di Manggarai Barat, lebih khusus di Labuan Bajo," sambungnya.

Terakhir, Jokowi menyampaikan kawasan ini nantinya bisa digunakan untuk kegiatan seni budaya. Dia berharap hal itu bisa membuat Labuan Bajo lebih banyak dikunjungi wisatawan.

"Ini bisa kita pakai aktivitas, kegiatan-kegiatan seni budaya, performing art yang ini akan menarik para wisatawan untuk lebih banyak lagi datang ke Labuan Bajo," tuturnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya