Jokowi Ungkap Alasan Kenaikan Tarif Masuk Taman Nasional Komodo

Presiden Joko Widodo resmikan Kawasan Labuan Bajo.
Sumber :
  • Satria Zulfikar/VIVA.

VIVA Bisnis - Presiden Joko Widodo mengungkap alasan kenaikan tarif baru untuk masuk ke Taman Nasional Komodo (TNK). Tiket masuk Pulau Komodo dan Pulau Padar dibanderol dengan harga Rp3,75 juta untuk kompensasi konservasi dan dapat nilai ekonomi yang lebih bagi masyarakat.

Dianggap Bukan Lagi Kader PDIP, Zulhas: Rumah Pak Jokowi dan Gibran Namanya PAN

Berwisata ke Pulau Rinca, Kawasan Taman Nasional Komodo, NTT

Photo :
  • ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso

Nilai Ekonomi yang Lebih

Corn Imports Down to 450 Thousand Tons

Jokowi mengatakan selain untuk mendatangkan wisatawan ke Provinsi Nusa Tenggara Timur, khususnya ke Pulau Komodo, dia berharap juga untuk mendapat nilai ekonomi yang lebih.

Jokowi menyampaikan bahwa di Taman Nasional Komodo ini terdapat tiga pulau yang menarik perhatian wisatawan, yaitu Pulau Komodo, Pulau Padar dan Pulau Rinca. Namun, Pulau Komodo dan Pulau Padar merupakan tempat konservasi, sedangkan Pulau Rinca menjadi tujuan wisata.

Jokowi Resmikan 147 Bangunan yang Direhabilitasi Pasca Gempa di Sulawesi Barat

"Jadi kita ingin konservasi tapi kita juga ingin ekonomi lewat turis, lewat wisatawan. Ini harus seimbang nah dilakukan, Labuan Bajo ini beruntung karena komodo itu tidak hanya hidup di satu pulau, ada di Pulau Komodo, ada di Pulau Rinca di sini. Ada di Pulau Padar yang konservasi," kata Jokowi dikutip dari YouTube Setpres, Kamis, 21 Juli 2022.

Baca juga: Jokowi Resmikan Penataan Kawasan Labuan Bajo: Sekarang Sudah Cantik

"Kemarin sudah sepakat semuanya, di Pulau Komodo dan Padar, yang untuk wisatawan diberikan di Pulau Rinca sehingga ini kita benahi untuk wisatawan," tambahnya.

Mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut menjelaskan bahwa jenis komodo yang ada di tiga pulau tersebut sama saja. Bagi masyarakat yang ingin melihat komodo di Pulau Rinca tidak mengalami kenaikan.

Presiden Jokowi memberikan BLT ke pedagang pasar di Kupang, NTT

Photo :
  • Setkab

Harga di Pulau Komodo dan Padar Naik

Lalu, kata Jokowi, bagi yang ingin melihat komodo di Pulau Komodo dan Pulau Padar mendapati kenaikan harga.

"Komodo di Pulau Rinca dan di Pulau Komodo itu komodonya juga sama, wajahnya juga sama. Jadi kalau mau lihat Komodo silakan ke Pulau Rinca di sini ada komodo," ujar Jokowi.

"Mengenai bayarnya berapa? Tetap. Tetapi kalau mau 'wah pak saya pengen sekali lihat yang di Pulau Komodo', ya silakan, nggak apa-apa juga. Tapi ada tarif yang berbeda. Itu loh sebenarnya, simpel seperti itu, jangan dibawa ke mana-mana. Karena apa? Bagian-bagian lingkungan, apa, bagian-bagian konservasi juga harus kita hargai mereka masukan mereka," sambungnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya