Jokowi Ungkap Alasan Kenaikan Tarif Masuk Taman Nasional Komodo

Presiden Joko Widodo resmikan Kawasan Labuan Bajo.
Presiden Joko Widodo resmikan Kawasan Labuan Bajo.
Sumber :
  • Satria Zulfikar/VIVA.

VIVA Bisnis - Presiden Joko Widodo mengungkap alasan kenaikan tarif baru untuk masuk ke Taman Nasional Komodo (TNK). Tiket masuk Pulau Komodo dan Pulau Padar dibanderol dengan harga Rp3,75 juta untuk kompensasi konservasi dan dapat nilai ekonomi yang lebih bagi masyarakat.

Berwisata ke Pulau Rinca, Kawasan Taman Nasional Komodo, NTT

Berwisata ke Pulau Rinca, Kawasan Taman Nasional Komodo, NTT

Photo :
  • ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso

Nilai Ekonomi yang Lebih

Jokowi mengatakan selain untuk mendatangkan wisatawan ke Provinsi Nusa Tenggara Timur, khususnya ke Pulau Komodo, dia berharap juga untuk mendapat nilai ekonomi yang lebih.

Jokowi menyampaikan bahwa di Taman Nasional Komodo ini terdapat tiga pulau yang menarik perhatian wisatawan, yaitu Pulau Komodo, Pulau Padar dan Pulau Rinca. Namun, Pulau Komodo dan Pulau Padar merupakan tempat konservasi, sedangkan Pulau Rinca menjadi tujuan wisata.

"Jadi kita ingin konservasi tapi kita juga ingin ekonomi lewat turis, lewat wisatawan. Ini harus seimbang nah dilakukan, Labuan Bajo ini beruntung karena komodo itu tidak hanya hidup di satu pulau, ada di Pulau Komodo, ada di Pulau Rinca di sini. Ada di Pulau Padar yang konservasi," kata Jokowi dikutip dari YouTube Setpres, Kamis, 21 Juli 2022.

Baca juga: Jokowi Resmikan Penataan Kawasan Labuan Bajo: Sekarang Sudah Cantik

Halaman Selanjutnya
img_title